Rabu, 31 Desember 2008

tentang MUCOCELE: untuk teman dari cilegon


tanya : dok saya dari cilegon, saya juga habis operasi pengangkatan mucocele tgl 9 desember 2008 , cuma pas dua minggu setelahnya tanggal 24 des 2008 saya makan mie yang agak panas mengenai bekas jahitan nya, timbul seperti benjolan kecil di bibir bekas jahitan operasinya, seperti kulit kita kalo terkena panas dok melentung gitu tadi nya merah lalu putih sekarang agak bengkak bekas jahitannya dok, sepertinya gak kuat panas bekas jahitan nya dok apa benar seperti itu dok mohon pencerahannya, sudah dua kalo dok seperti itu apa saya ke dokter lagi untuk periksa dok ? terima kasih wassalam


Jawab : Terima kasih pertanyaannya, mucocele tidak akan kambuh atau menyebabkan kekambuhan yang kecil sekali kemungkinannya bila pengangkatan kapsul yang melingkupinya sudah bersih.Kapsul disini adalah suatu jaringan yang melingkupi cairan yang teradapat didalamnya. Anda tidak perlu terlalu khawatir oleh karenanya. anda menanyakan kenapa Makanan panas menyebabkan luka melepuh lagi pada daerah bekas operasi ?hal ini kemungkinan wajar oleh karena jaringan anda sedang mengalami proses penyembuhan. Bila gejala ini tidak menyembuh dan terulang kembali , kontrol lah ke dokter anda, dan pesan saya jangan sering sering ganti dokter , oleh karena dokter anda mempunyai riwayat medis saat pertama kali anda memeriksakan diri ke dokter tersebut, kalau toh anda ingin minta second opinion silahkan ke dokter lain tanpa meninggalkan dokter pertama yang telah merawat anda. Mucocele bisa disebabkan oleh trauma ( benturan atau sejenisnya) dan karena pembuntuan kelenjar liur. Dan belum pernah dilaporkan mucocele ini menyebabkan insiden terjadinya kanker rongga mulut, anda tidak perlu terlalu kwatir karenanya. Oke have anice day..nice life....semoga paparan singkat ini membantu anda.


000OOOooo

1 komentar:

PAKRTSGE mengatakan...

apa akibatnya jiga gigi geraham tidak pernah di gunakan untuk mengunyah ? begini dok ceritanya, gigi saya kan berlubang neh, untuk lobang pada gigi geraham yang sebelah kanan sudah saya tambal, tapi sekarang ancur dok tambalannya.. tapi tidak sakit (untuk saat ini) sedangkan untuk bagian kiri saya sama sekali tidak pernah menggunakan gigi tersebut untuk mengunyah, karena jika gigi saya yang sebelah kiri kemasukkan makanan wah rasanya bisa selangit dok... saya cuma kepengen tanya dok.

- apa akibatnya jikga gigi tidak pernah digunakan untuk mengunyah ?

- trus bagaimana klo saya cabut saja, sebab dulu saran dokter jangan di cabut.

- pasta gigi apa seh yang sebenarnya paling baik untuk kita gunakan ? saya selama ini menggunakan pepsodent.


saya tunggu jawaban anda dok tolong hubungi saya di waluyo_ptl@yahoo.co.id