Selasa, 02 Desember 2008

Buat Eny : Perkembangan geligi pada anak

Gigi anak mulai terbentuk selama didalam janin. Nutrisi yang baik dari si ibu selama kehamilan merupakan hal yang mutlak diperlukan bagi perkembangan sistem geligi pada anak. Asupan makanan dari si ibu haruslah cukup mengandung calcium, phosphorus, vitamin C, dan vitamin D.

Obatan obatan seperti tetracycline, seharusnya tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil oleh karena hal ini berbahaya bagi perkembangan sistem geligi pada embrio.

Terdapat empat tahapan utama perkembangan geligi sulung:

  • Tahap pertama adalah dimulai dari masa janin sekitar usia enam minggu. Ini adalah bahan dasar dari pembentuk gigi

  • Kemudian,jaringan keras disekitar geligi mulai terbentuk,sekitar tiga sampai empat bulan usia kehamilan.

  • Setelah si jabang bayi lahir, tahapan berikutnya terjadi ketika gigi telah tumbuh dan menembus ke gusi.

  • tahapan yang paling akhir adalah tanggalnya gigi sulung bila sampai pada masanya dan digantikan oleh geligi permanen.

Kapan gigi anak mulai tumbuh ?

Pertumbuhan geligi pada anak berbeda- beda, rata rata gigi bayi tumbuh ketika umur empat sampai dua belas bulan. Hal dibawah ini merupakan beberapa panduan perkembangan geligi anak yang sebaiknya dicermati :

  • Gigi yang pertama tumbuh biasanya ditengah, yaitu gigi depan, dan terletak di rahang bawah,yang disebut dengan insisif pertama ( gigi seri sulung pertama ), kemudian diikuti oleh gigi seri kedua dan seterusnya.

  • Kemudian, empat insisif lainya mulai tumbuh.

  • Pada rahang atas , diikuti oleh geraham ( molar ) pertama, pada rahang bawah akan tumbuh insisif kedua.

  • Kemudian gigi taring akan tumbuh.

  • Biasanya, setelah anak mencapai umur 2 tahun, empa t geraham sulung kedua telah nampak.

Gigi di rahang atas biasanya tumbuh satu atau dua bulan setelah tumbuh gigi yang sama pada rahang bawah, gigi sulung berjumlah total 20 buah. Biasanya kira- kira satu gigi tumbuh tiap bulan. PAda gigi sulung adalah normal bila terdapat celah diantara gigi, hal ini di dunia kedokteran gigi disebut dengan monkey gap, monkey gap adalah tempat yang diperlukan bagi gigi permanen untuk tumbuh secara normal sehingga tidak menimbulkan pertumbuhan yang berdesakan ( crowded ) bagi gigi permanen,karena gigi permanen mempunyai ukuran yang lebih besar, maka diperlukan tempat yang lebih besar dibandingkan dengan gigi sulung, oleh karena itu gigi sulung yang kelihatan tidak rapat adalah normal .

semoga bermanfaat



-------oooOOOooo------