Sabtu, 06 Desember 2008

hubungan hipertensi dan kesehatan rongga mulut


Pengantar
Seseorang dengan usia yang tidak muda lagi, mempunyai resiko terkena tekanan darah tinggi.

Tekanan darah bila melebihi 140/90 haruslah diwaspadai.Karena tekanan darah tinggi/hipertensi merupakan resiko bagi terbentuknya serangan jantung, stroke, kerusakan ginjal dan jantung. Seseorang dengan tekanan darah tinggi bisa mengidapnya bertahun tahun tanpa dia merasakannya oleh karena penyakit ini tidak mempunyai gejala yang jelas..

Pantangan
Seseorang dengan hipertensi pada umumnya disarankan untuk mengurangi asupan garam, mengurangi berat badan, dan meningkatkan latihan olahraga aerobic. Bila hal ini tidak mencukupi, sejumlah obat obatan kemungkinan diperlukan untuk mengatasi hal ini.

obat obatan
Obat utama yang diberikan pada penderita hipertensi biasanya adalah diuretik,beta bloker, calcium channel blockers, dan angiotensin converting enzyme (ACE) inhibitors. Obat obatan ini mengurangi tekanan darah dengan cara menurunkan tekanan darah melalui penurunan volume darah, menurunkan kekuatan kontraski jantung, dan melemaskan dinding pembuluh darah.

Peranan dokter gigi
Sebagai seorang dokter gigi, kita haruslah lebih berhati hati dengan pasien jenis ini,oleh karena pasien ini cenderung mempunyai pendarahan yang berlebihan bila dilakukan pencabutan gigi misalnya. PAsien yang menkonsumsi obat hipertensi nampaknya mempunyai kepekaan yang lebih terhadap epinefrin yang terkandung dalam larutan anestesia, dan nampaknya pasien ini juga membutuhkan bantuan untuk berdiri dari supine posisi di dental chair

efek samping obat
Beberapa obat obatan juga menyebabkan dry mouth ( mulut kering ). Hal ini tidak menguntungkan karena saliva atau air liur berfungsi sebagai pembilas makanan, menetralkan asam dari bakteri, dan melumasi mulut. Bila saliva ini berkurang makan hal ini memicu terjadinya cavities ( lubang gigi ), gum disease ( penyakit gusi ) dan iritasi pada mulut. Dan juga kemungkinan penderita akan kesulitan untuk memakai denturenya karena support dari saliva ini yang tidak memadai.

obat-obatan lain pemicu dry mouth
Beberapap jenis dari penggunaan obat obatan yang menyebabkan dry mouth diantaranya adalah antihistimines, antidepressants, painkillers, diuretics (water pills) dan decongestants.Penyakit tertentu seperti Sjogren’s Syndrome dan radiation treatment pada kepala dan
leher juga bisa menyebabkan dry mouth.



peranan dokter gigi
dokter gigi akan bekerjasama dengan lintas spesialis lain bila mempunyai pasien yang mempunyai resiko tinggi seperti ini.

oooOOOooo