Senin, 22 Desember 2008

buat AGUS : gigi setelah ditambal kok sering sakit.


tanya : dok,saya agus, gigi saya kok sering infeksi setelah, ditambal ?

jawab : agus pertanyaan kamu tidak jelas, infeksi yang bagaimana, kalau infeksi atau sakit setelah ditumpat ( ditambal) kemungkinan terjadi kekambuhan atau exacerbasi. Perawatan yang kamu lakukan itu , yang sering menimbulkan insiden kekambuhan biasanya adalah pulpotomi. Pulpotomi adalah pengambilan jaringan sebagian gigi yang infeksi, biasanya jaringan pulpa yang terletak di mahkota gigi . Metode ini yang sering menimbulkan kekambuhan, oleh karena tidak terangkat semua jaringan yang mengalami nekrotik/ yang terinfeksi. Sedangkan tehnik lainnya dinamakan PULPECTOMY, atau pengambilan jaringan kseluruhan sepanjang akar gigi baik yang sudah rusak maupun yang belum atau mengalami sedikit infeksi . Gambar yang ditunjukkan adalah PULPECTOMY, yaitu dengan alat khusus dokter akan memasukkan alat ini kedalam saluran akar, prosedur ini membutuhkan waktu, jadi kerjasama dari pasien mutlak diperlukan. Kalau kamu sering sakit setelah gigi ditumpat, mintalah ke dokter untuk dibongkar dan dokter akan melakukan
PSA ( perawatan saluran akar) ulang, insya allah kemungkinan gigi kamu bisa sembuh seperti sedia kala. Idealnya untuk perawatan ini kamu harus cari dokter gigi spesialis ENDODONTIC, atau kalau gak ada di kota kamu cari ajah dokter gigi yang mumpuni dan mempunyai peralatan yang lengkap.
Sebenarnya banyak sekali penyebab kekambuhan yang mungkin bisa terjadi, dan yang saya paparkan diatas merupakan salah satu sebab kekambuhan terbanyak yang terjadi.
Oke semoga bermanfaat.



oooOOOooo