Kamis, 27 November 2008

perawatan orthodontic, apakah itu ?



anda menggunakan kawat gigi, atau mempunyai rencana untuk memakai kawat gigi ?

berikut ini beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang perawatan orthodontik


Apakah perawatan orthodontia itu :

  • perawatan Orthodontic adalah perawatan gigi yang menggunakan sejenis kawat , bisa bersifat menetap didalam gigi( fixed) ataupun yang bisa dilepas ( removable ), sering juga perawatan diikuti dengan pencabutan gigi , kadangkala pada keadaan yang ekstrim dapat pula dilakukan pembedahan pada rahang, hal ini tergantung kasus yang dihadapi oleh si penderita.

Kenapa perawatan ortodontia dibutuhkan ?

Terdapat beberapa alasan mengapa perawatan jenis ini dibutuhkan, yaitu :
  • Untuk memperbaiki penampakan dari gigi dan wajah ( estetik )
  • Untuk memperbaiki kesehatan gigi dan gusi. Oleh karena gigi yang berdesakan menyulitkan untuk dilakukan pembersihan dan mengakibatkan makanan yang bertumpuk akan tidak mudah lepas, hal ini bisa menyebabkan karies gigi.
  • Untuk memperbaiki fungsi pengunyahan. misalnya memudahkan pada waktu makan.




Apa saja jenis jenis alat orthodontia ?

Terdapat alat yang bisa dilepas untuk dibersihkan,yang dikenal dengan alat ortho lepasan, sebagai contoh bisa dilihat pada gambar dibawah ini :


alat ortho yang bisa

dilepas ( removable )


Jenis yang kedua adalah yang melekat pada gigi dan tidak bisa dilepas (Fixed orthodontic) pembersihannya komponen alat ini menggunakan sikat gigi khusus, contoh gambarnya bisa dilihat dibawah ini

alat ortho fixed ( cekat )







hampir 80% kasus bisa ditangani dengan alat removable saja, alat removable

( lepasan) lebih simple dan nyaman dalam hal pemakaiannya.


Berapa lama perawatan dilakukan ?

  • Biasanya berlangsung selama 6 sampai 24 bulan untuk menyelesaikan seluruh perawatan. Bila perlu dilakukan pencabutan gigi maka dokter gigi akan melakukan pencabutan gigi sebelum alat ini dipasang.

Apakah nyeri bila melakukan perawatan ini?

  • Perawatan ini tidak menimbulkan nyeri, tetapi bagaimanapun juga akan menimbulkan rasa tidak enak sedikit selama beberapa hari, umumnya 3 sampai 5 hari ketika pertama kali dilakukan pemasangan alat.

Seberapa sering dilakukan kontrol?

  • Sekali alat ini dipasang pada anda, dibutuhkan kontrol secara periodik.Biasanya dilakukan kontrol setiap dua minggu sekali untuk mengaktifkan alat dan memerikan dorongan dan arah bagi gigi yang akan digerakkan.

.

Apakah alat ini mengganggu ketika makan ?

Untuk mencegah rusaknya gigi maupun alat anda ,beberapa hal dibawah ini harus

diperhatikan :

  • Permen karet, cokelat dan sebagainya harus dihindari, terutama makanan yang lengket.
  • JUsh buah, jangan minum terlalu berlebihan
  • Makanan keras, seperti apel yang keras dan sebagainya

Makanan keras boleh saja dimakan selama hati hati dengan cara memotong makanan anda dengan menggunakan gigi yang dipasang alat ini, terutama yang jenis fixed atau alat cekat.

Apakah alat ini akan merusak gigi ?

Adalah penting sekali untuk menyikat gigi anda setelah dipasang alat ini dengan hati hati, gosok dan bersihkan gigi serta alat anda ( terutama type fixed ) tiga kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride,obat kumur yang mengandung fluoride juga diperlukan penggunaannya bila anda akan tidur malam, untuk lebih memberikan perlindungan terhadap gigi.



gambar disamping adalah keadaan gigi apabila pembersihan tidak dilakukan dengan baik



Mempunyai perawatan jenis ini ( ortodontic ) merupakan hal yang sia sia saja bila anda membayangkan sesuatu yang buruk akan terjadi pada gigi dan mulut anda.

Dokter gigi akan memberikan informasi yang berguna bila anda konsultasi dengan mereka ketika anda di dental klinik mereka.

Bagi anda yang menyukai olah raga, sebaiknya menggunakan penutup gusi yang memungkinkan memberikan perlindungan ketika anda menjalankan aktifitas olah raga anda.


PAda waktu selesai dilakukan perawatan, gigi tetap akan berusaha untuk kembali menuju keadaan yang semula, maka diperlukan perawatan retensi atau perawatan yang mencegah gigi kembali kekeadaan semula, biasanya perawatan ini tidak memerlukan kontrol , hanya anda perlu memakai alat ini beberapa bulan setelah masa aktif perawatan selesai.

Setelah itu diperlukan kontrol terakhir sebelum alat ini benar benar dilepas dari gigi anda. Semoga sukses.



===oooOOOooo===

arahan pertanyaan:
  1. bagaimana indikasi kapan dipergunakan ortho lepasan atau yang cekat
  2. apakah alat ini tergantung pada usia ?
  3. apakah ortho yang cekat / fixed bisa merusak gigi ?
  4. type yang mana yang memberikan hasil yang cepat ?