Sabtu, 24 Januari 2009

untuk Rini : sariawan ( stomatitis) dan karang gigi

rini : (1)dok,karang gigi itu berbahaya ga??
(2)sama knapa aku sering sariawan yang banyak banget jumlahny,,dan kalo diobatin pake obat sariawan yang biasa dijual udah ga manjur lagi. knapa ya,,dok?
(3)obatnya apa?? makasih banyak.

DrgDONDY :

hi Rini, karang gigi penyebab bau mulut dan yang terparah adalah periodontitis marginalis, penyakit ini adalah menyerang jaringan penyangga gigi.

Jaringan penyangga gigi atau periodontium adalah suatu jaringan yang menyokong atau mempertahankan gigi tetap berdiri tegak dan kokoh ditempatnya, jadi bisa kamu bayangkan kalau jaringan ini terkena, akibatnya gigi akan goyang tanpa gigi tersebut berlubang, jadi gigi sehat lha kok tiba tiba goyang sendiri ? maka penyebabnya kemungkinan adalah si periodontitis marginalis ini.Gambar diatas adalah periodontitis marginalis, nampak akar gigi yang kelihatan terbuka ( resesi ginggiva )
Sariawana atau stomatitis banyak penyebabnya ; bisa alergi , trauma atau luka mungkin juga bisa virus. Kemungkinan kamu mempunyai stomatitis type herpetiform, yang berbentuk khas bulatan kecil2 dan terletak sporadis atau menyeluruh. Obat tidak manjur ? kemungkinan karena obat tersebut kurang kuat, coba kamu kumur dengan obat kumur tanflex, atau tantum verde, kemudian luka sariawan yan timbul dioles dengan solcoserul pasta, atau kalau kamu tahan sakit, olesi dengan alboltyl concentrate tanpa diencerkan, ambil kapas terus tekan dengan larutan ini, tahan satu menit untuk tiap tiap luka, ulangi empat jam kemudian sampai 4-5 kali per harinya, kemudian tambah asupan multivitamin, juga jauhi stress, minum air yang cukup, makan makanan gizi seimbang, jauhi bahan makanan sumber alergi; sumber alergi ini hanya kamu yang tahu. Karena ada juga stomatitis yang type alergi yaitu stomatitis alergica.
Obat kalau penyebab sariawan adalah alergi maka harus kamu hindari makanan atau sesuatu yang menyebabkan alergi tersebut. Stomatitis alergika tidak bisa sembuh selama kamu berkontak dengan alergen ( bahan alergi ). Untuk obat stomatitis ini sudah saya sebut kan diatas.
Semoga jawaban saya ini memberkan sedikit pencerahan, Paling paling kamu sering stress yah? he hehehehehee..................