Minggu, 18 Januari 2009

Infeksi Pada Rongga Mulut



Infeksi pada mulut dapat disebabkan oleh : oral hygiene yang buruk, Herpes Simplex, Ulkus pada mulut, kerusakan gigi, gingivitis, Noma Menyebabkan infeksi yang selain lokal di dalam mulut juga menyebar ke daerah kepala dan leher serta secara sistemik ( melalui pembuluh di dalam tubuh ) ke seluruh tubuh. Keadaan ini bahkan dapat menyebakan penyakit infeksi di organ lain maupun kematian akibat syok septic.

Infeksi pada rongga mulut dapat bersifat khronis ( menahun ) maupun acute ( bersifat cepat ). Infeksi khronis berupa rasa tidak enak dan sakit pada pengunyahan, perdarahan gusi dan biasanya menimbulkan bau mulut. Tanda-tanda infeksi acute berupa peningkatan panas tubuh, pembengkakan pada daerah infeksi, kelemahan, sakit menelan, kemerahan dan tidak dapat membuka mulut.

Perawatan infeksi memerlukan tindakan yang cepat dan tepat, pengendalian bakteri dan toxinnya merupakan hal yang paling penting dengan memberikan antibiotic yang tepat sesuai dengan jenis bakteri. Menjaga agar jalan nafas tidak terhalang, karena pembengkakan pada mulut dapat menyebabkan obstruksi pernafasan. Selain itu menjaga agar intake makanan dan cairan dapat masuk dengan baik. Tindakan selanjutnya berupa drainage atau pengeluaran pus, yang terjadi pada tempat pembengkakan agar tidak menekan dan menyebar dalam pembuluh darah, yang akan mengakibatkan septic syok. Selain itu pencabutan gigi penyebab atau karang gigi sangat penting untuk mencegah infeksi berulang.


oooOOOooo


web asli dari teman sejawat drg.Evi, bedah mulut USA
http://drevy-omfs.blogspot.com/2005/09/infeksi-pada-rongga-mulut.html