Rabu, 28 Januari 2009

dari anjar : kencing manis dan gigi


anjar dok,sahabat saya itu punya penyakit DM.. knapa kok giginya sering patah ya?? apa kaitannya DM dan kesehatan gigi?? atas jwbnnya,,trims ya.

drgDONDY : anjar, hubungan kencing manis dan kesehatan gigi mulut sangat erat kaitannya, hubungan yang langsung adalah pada keadaan gusi atau ginggiva nya, biasanya pada kencing manis mempunyai gusi yang lembek ( lihat pada gambar diatas ini, itu adalah gambaran gusi pada penderita kencing manis , dimana gusinya rentan terhadap gangguan jaringan penyangga gigi /periodontal ) dan sering terjadi resorbsi atau pengeroposan tulang rahang yang tidak wajar . Hal ini disebabkan karena transport nutrisi dari jaringan ke organ tubuh termasuk ginggiva atau gusi terdapat gangguan.
Seseorang dengan kencing manis kalau mereka memakai gigi palsu sering sekali dilakukan koreksi oleh karena proses pada tulang rahang mereka yang terganggu.
Kalau gigi sering patah nampaknya tidak atau sedikit sekali berhubungan dengan kencing manis, kalau gigi sering goyang memang iya. Kalau patah nampaknya disebabkan oleh faktor lain, Biasanya gigi goyang pada kencing manis melibatkan beberapa gigi yang terjadi secara bersamaan, jarang hanya single teeth saja.
Kalau kadar gula mereka normal kembali biasanya gigi meraka akan normal atau tidak goyang lagi.
Trims, semoga membantu ulasan singkat ini.

Tidak ada komentar: