Kamis, 15 Januari 2009

untuk bapak BUDI : tentang RANULA


Terimakasih Dokter Dondy, atas penjelasan awal tentang keluhan saya. hari rabu tgl 7/01/09 saya (BUDI SUKMAJADI)pergi ke RSU Bekasi atas rujukan dokter Puskesmas, kemudian kata dokter spesialis Bedah Mulut ini namanya penyakit RANULA. Selanjutnya harus di operasi hari senin besok tgl 12 jan 09. Yang jadi pertanyaan saya setelah operasi nanti Apakah ada efek samping terhadap sistem pencernaan, Apakah faktor penyebab penyumbatan air liur dapat diatasi, tanpa operasi? dan apakah setelah operasi dilakukan tidak akan terjadi penyumbatan lagi? itu saja dok ungkapan saya..Sekaligus minta dukungannya dan Do'anya dari Dokter.. Trims... Viva Dokter Dondy

drgDONDY :ya terima kasih kembali pak budi, ranula hampir sama dengan mucocele, patogenesa atau pun penyebabnya hampir mirip , sama sama melibatkan kelenjar air liur,kelenjar yang terlibat disini adalah submandibula, letaknya persis seperti gambran yang saya tunjukkan disebelah kiri, dan mungkin ini gambaran ranula yang terjadi pada anda. Kelainan ini tidak berhubungan sama sekali dengan sistem pencernaan, oleh karena hanya kelainan lokal saja dan bukan sistemik ( kelainan yang berhubungan dengan pembuluh di tubuh ). Disebut ranula oleh karena kelainan ini mempunyai kemiripan bentukan seperti perut katak. Letaknya spesifik didasar lidah seperti yang anda keluhkan sebelumnya. Bilamana telah diangkat jarang sekali terjadi kekambuhan, oleh karena kapsul yang menyelingkupi kelainan ini telah diangkat sempurna, bila tidak bersih kemungkinan bisa juga terjadi kekambuhan oleh karena terdapat sisa2 dari epitel pada bentukan ranula ini.Tapi dokter anda pasti akan melakukannya sesuai dengan standart profesi kedokteran yang ia punyai , so tidak perlu kwatir pak.Oke selamat melakukan operasi, anda sudah melakukannya mungkin ketika tulisan ini saya buat. Tenang saja pak, take it relax n easy, take deep breath, anda sudah melakukan perawatan yang tepat di tangan dokter gigi BEDAH MULUT ANDA dan jangan lupa teruskan kebiasaan healthy life stylenya . Salam untuk keluarga di rumah....


000OOO000

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Dok...terimakasih atas jawaban dan penjelasan Dokter tentang keluhan penyakit saya ( Budi Sukmajadi, jakarta). Dok..operasi pengangkatan ranula saya tidak jadi dilakukan, karena menurut dokter spesialis bedah mulut ga perlu di angkat dengan alasan benjolan agak mengecil..kemudian dokter itu memberikan resep obat sejenis antibiotik dan vi.becomC. sampai ada reaksi. setelak saya mengkonsumsi obat tersebut sampai habis.. ternyata Ranula itu tetap ga berubah..sama seperti sebelum dikasih obat oleh dokter...Kemudian dokter itu hanya menyarankan supaya gigi saya yang sudah rusah dekat tumbuhnya ranula itu segera dicabut. Hal ini membuat saya bingung..dengan diagnosa dokter di RS Bekasi. padahal prosedur untuk melakukan operasi sudah lengkap. Saya sudah cek darah,dan rongent Panoramik Rahang gigi saya. tapi entah ketika hari itu kita udah janjian tuk operasi kemudian dokter mengatakan udah mengecil dan tidak apa-apa. Dok... mohon saran dan solusi apa selanjutnya yang saya harus lakukan..Trims...banyak...Salam juga buat keluarga Dokter Dondy di Rumah... ( Budi Sukamjadi, Bekasi jawa barat )

Anonim mengatakan...

mucocele dan ranula dalah mucous retention cyst yang termasuk kista juga, ia mempunyai selaput yang melingkupinya, memang ada kemungkinan kekambuhan bila tidak diangkat, saya sendiri tidak tahu alasan kenapa bedah mulut tidak mengajurkan untuk diangkat, mungkin ada beberapa kondisi memang yang tidak perlu diangkat, pemeriksaan perlu ditegakkan pula dengan pengamatan visual pak. Jadi saya juga secara persisnya tidak bisa berkomentar lebih lanjut. Pencabutan gigi dekat dengan mukokele kemungkinan juga bisa membantu anda, dengan terangkatnya gigi yang rusak kemungkinan selaput ranula juga bisa diangkat. Jadi tidak menimbulkan luka baru.Dan obat yang diberikan apda anda adalah unmtuk meningkatkan ketahanan tubuh, tidak bisa menyembuhkan ranula anda. Perawatan definitif dari ranula hanya dengan cara mengangkatnya.Anda bisa minta second opinian dari dokter bedah mulut yang lain ( ganti dokter ),jangan lupa bawa semua berkas pemeriksaan yang telah anda lakukan. itu adalah hak anda sebagai pasien. Semoga membantu jawaban saya dan semoga lekas menemukan solusi yang tepat.

Anonim mengatakan...

saya cuma ingin mencoba mengomentari bapak budi sukamjadi di bekasi (maaf mungkin komentar saya sudah terlambat), dibatalkannya proses operasi oleh dokter bedah mulut itu mungkin karena ranulanya sebenarnya sangat besar. sehingga kalau di operasi bisa menimbulkan komplikasi yg fatal. Setau saya, penanganan kista yang besar itu memang ditunggu dulu sampai mengecil, baru setelah itu dilakukan upaya pembedahan.
btw saya mau bertanya ke dokter doddy,patogenesis dari ranula apa ya dok?mohon penjelasannya.. :D

Dondy Setyawan,drg. mengatakan...

yup, anda sangat mengerti tentang bedah mulut, sy tidak berkompeten menjawab petanyaan anda, karena sy interest di bidang periodonsia, anda bisa tanyakan ke spesialis bedah mulut saja, thanks u...