Senin, 19 Januari 2009

dentigerous cyst : laporan kasus

Disini akan saya ulas tentang pola resorbsi yang aneh yang disebabkan oleh kista dentigerous, simak berikut ini paparan saya...check this out..!!


Pasien datang dangan keluhan daerah rahang terasa sakit, bengkak, dan terlokalisir sakitnya.


Pemeriksaan radiografi menunjukkan adanya resorbsi pada distal molar 2, oleh karena adanya pola resobsi yang aneh ini , pasien dirujuk ke divisi bedah mulut guna dilakukan evaluasi.




Lesi didiagnosa oleh bedah mulut sebagai kista dentigerous yang pada ronsenografi menunjukkan suatu daerah yang radiolusen pada ramus ascenden m
andibula.


Ulasan patologi : Dentigerous Cyst adalah suatu kista odontogenik yang umum terjadi. Kista ini berasal dari suatu proses separasi/pemisahan pada waktu perkembangan folikel dari gigi yang tidak tumbuh dengan sempurna. Kista ini menutup mahkota dari gigi yang tidak tumbuh sempurna ( uncomplete erupted ) dan melekat pada gigi di bagian cemento-enamel junction. Kista ini sering melibatkan m3 dan yang kedua sering melibatkan caninus.

Kista ini bisa tumbuh dengan besar dan menyebabkan ekpansi tulang yang kemungkinan penderita tidak merasakan sakit dan terlibatnya gigi yang terkena yang apda akhirnya bisa menyebabkan perpindahan gigi ( displacement ).

Dengan seiringnya waktu kista ini akan menyebabkan resorbsi dari akar gigi yang terdekat.

Perawatan yang dilakukan adalah enukleasi dari kista dan menghilangkan gigi yang tidak tumbuh sempurna tersebut. Marsupialisasi dilakukan bila ukuran kista ini sangat besar yang bertujuan untuk 'dekompresi' dari kista ini , hal ini dilakukan bilamana dengan enukliasi dirasakan banyak jaringan yang terlibat dan membahayakan struktur jaringan terdekat.

Perbedaan abses dengan kista :

abses : palpasi lembek, ada fluktuasi cairan

kista : adanya krepitasi ( bunyi kretek kretek pada tulang), displacement gigi, kebanyakan area yang terlibat keras dalam perabaan ( palpasi )


Prognosa dari kista ini baik dan jarang terjadi kekambuhan bila dilakukan pengangkatan secara sempurna.

Gambar disamping adalah gigi yang terlibat kista yang telah dilakukan ekstraksi ( pencabutan ) beserta selaput epitelial yang melingkupi dinding kista.

Sekarang sedang diperdebatkan oleh para ahli tentang kemungkinan terbentuknya suatu transfomasi kista ini menuju kearah keganasan ..( semoga tidak pernah terjadi yah....)



oooOOOooo