Sabtu, 25 Oktober 2008

untuk Vivi : jawaban atas pertanyaan

tanya :Met siang dok pha kabar ????
Maaf nih ganggu kesibukan dokter..
Dok saya mau tanya, boleh ya dok..

1) Dok, kalau seandainya ada pasien dengan karies gigi Incisivus,
mangeluh sakit spontan dan sampai dikepala rasa sakitnya,
kira2 sudah KPP atau belum dok? terus kira2 diagnosanya dan perawatannya apa dok??
2) Bedanya pulpitis reversibel dan ireversibel apa dok dan perawatan apa aja yg bisa dilakukan??
3) Beda perawatan endo intakanal dgn pulpectomy apa dok ??
Dilakukan pd gigi yg bagaimana / diagnosanya apa??

4) Dok, kalo seandainya ada pasien yg dulunya pecandu narkoba atau alkohol
datang ke drg untuk mncabut giginya, kira2 ada pengaruhnya gak?? misalnya terhadap anastesi
atau yg perawatan lainnya???

Maaf ya dok kebanyakan,hehe..
Tolong di jawab ya dok... biar lebih mengerti lagi......
Makasih dok sebelumnya...

GBU...

dari vivi palyama-mahasiswa kedokteran gigi

oke makasih vivi pertanyaannya,

1. Jelas diagnosa untuk keadaan itu sudah pulpitis, dan perawatan yang urgent adalah relief of pain, bisa dengan pemberian eugenol dan dilakukan tumpat sementara, lakukan pemberian analgetik dulu dan bisa di cover dengan pemberian antibiotika, suruh minum obat tersebut selama minimal tiga hari, kemudian setelah gejala mereda bisa dilakukan perawatan pulpotomi, perawatan pulpotomi dalam keadaan ini sudah memadai oleh karena jaringan infeksi masih sebatas pada saluran akar sebelah atas, masih belum merambat terlalu jauh menuju ke foramen apikal. Kalau kamu ingin lakukan pulpektomi, lebih bagus lagi.

2. Pulpitis reversible , adalah pulpitis yang bisa kembali ke keadaaan normal, umumnya disebut dangan pulpitis partialis, biasanya hal ini terjadi bila kerusakan jaringan tidak terlalu jauh.Sedangkan Pulpitis irreversible tidak bisa kembali ke keadaan vital, perawatannya adalah pulpo atau pulpektomi, kalau memang kamu yakin reversible bisa dilakukan pemberian sub base dengan Calcium hidroksida.





3. Endo intrakanal dengan pulpektomi ya sama saja non, saudaranya!! hehehe, ada yang menyebut perawatan saluran akar (PSA) dan di english biasa disebut dengan root canal treatment.
Pulpektomi memberikan hasil yang lebih sempurna dibandingkan dengan pulpo oleh karena keseluruhan jaringan nekrotik yang sudah terjadi akan diangkat semua.
Hanya pulpektomi memerlukan ketelatenan dari dokter dan ketersediaan waktu yang cukup untuk pasiennya, biasanya pasien yang tidak telaten akan memutuskan perawatan ditengah jalan kalau dirasakan sudah tidak sakit, hal ini yang memicu terjadinya kegagalan suatu perawatan yang tengah dilakukan. Diagnosa dari Pulpektomi biasanya adalah Gangrene pulpa atau pulpitis totalis.

Prognosa dari pulpitis lebih bagus dibandingkan dengan gangrene pulpa bila kedua duanya dilakukan perawatan endo intrakanal.

PAsien dengan riwayat alkoholism biasanya sulit pada anestesinya, perlu beberapa ampule sampai tercapai anestesia yang sempurna. Bila tidak berhasil sama sekali, bisa dilakukan anestesia dengan menggunakan Citoject, dan aplikasi

anestesia ini diarahkan langsung ke tulang alveolarisnya

melalui celah antara strukture gigi dengan processus

alveolaris ( alveolaris crevice ) dari rahang yang dimaksud.





Oke ? udah jelas khan? semoga ini gak membuat kamu jadi tambah bingung...hehehehhe
have a nice day... keep study hard, and i always beside you. You have to prove and make proud to your parents that you can be the best !!!

ooooOOOOoooo