Kamis, 16 Oktober 2008

jawaban untuk putri ( bandung ) tentang benjolan bening di bawah lidah.

tanya:Doc, saya putri 19 tahun,saya memakai kawat gigi, sudah tiga bulan, sekarang saya mengalami ada benjolan bening didaerah bawah lidah , itu kenapa ya doc? kalau minum obat, obat apa?apa ada pengaruh dengan konsumsi minuman jeruk atau minuman ion ?jawaban dokter sangat saya tunggu sekali.


jawab: oke putri makasih atas pertanyaan lewat flexi sms saya, kemungkinan yang kamu alami itu adalah mucocele. Bukan kanker yang ganas atau apalah yang membuat kamu gak karu karuan ( he he he ). Karena kamu menyebut bentukan yang bening di benjolan yang kamu punyai.
oke putri.. sekarang serius ya...simak paparan ini :
Secara umum mococele adalah suatu pseudocyst atau suatu bentukan yang menyerupai kista ( kista dalah suatu kantong yang secara anatomis tidak ada, berbatas selapis tipis sel dan mempunyai bentuklan liquid atau cair didalamnya), mucocele bisa terdapat di mana mana di rongga mulut, di lidah , dasar lidah, di bibir juga dilangit -langit ( palatum ). Mucocele ini disebabkan oleh karena keluarnya saliva( air ludah ) dari saluran kelenjar air liur yang bersifat mukus ( kental) di sekitar jaringan.Keadaan ini terjadi oleh karena adanya trauma ( benturan atau luka ) yang mengenai salivary gland excretory duct( kelenjar air ludah ), juga pembuntuan pada saluran ini kemungkinan pula bisa mengakibatkan terjadinya mucocele .
Mucoceles ini tidak menyebabkan morbiditas atau kematian dan biasanya tidak bersifat nyeri dan tidak dirasakan oleh penderitanya.

Mucocele tidak berhubungan dengan makanan atau minuman jenis tertentu, karena penyebab dari mucocele ini adalah murni karena trauma dan pembuntuan dari kelenjar air liur.
Sebagian besar mucoceles terjadi pada individu muda, dimana 70% dari individu adalah kurang dari 20 tahun. Kejadian puncak dari kelainan ini terjadi pada usia antara 10 sampai 20 tahun. Meskipun belum dilakukan penelitian, terdapat beberapa kejadian mucocele superfisial ( mucocele yang terletak di permukaan ) pada seseorang yang berusia lebih dari 30 tahun.


perawatan mucocele
Biasanya dokter gigi akan melakukan incisi atau menyobek dinding jaringan dari mucocele ini guna mengeluarkan cairan yang berada didalamnya.
Oke putri semoga hal ini bisa membantu kamu, jangan terlalu khawatir , untuk jelasnya dan memastikan hal ini, kamu bisa mengunjungi dokter gigi spesialis bedah mulut.





---oooOOOooo---




http://www.emedicine.com/derm/topic648.htm

12 komentar:

irman mengatakan...

dok saya dari cilegon, saya juga habis operasi pengangkatan mucocele tgl 9 desember 2008 , cuma pas dua minggu setelahnya tanggal 24 des 2008 saya makan mie yang agak panas mengenai bekas jahitan nya, timbul seperti benjolan kecil di bibir bekas jahitan operasinya, seperti kulit kita kalo terkena panas dok melentung gitu tadi nya merah lalu putih sekarang agak bengkak bekas jahitannya dok, sepertinya gak kuat panas bekas jahitan nya dok apa benar seperti itu dok mohon pencerahannya, sudah dua kalo dok seperti itu apa saya ke dokter lagi untuk periksa dok ?
terima kasih wassalam

drgdondy mengatakan...

Jawab : Terima kasih pertanyaannya, mucocele tidak akan kambuh atau menyebabkan kekambuhan yang kecil sekali kemungkinannya bila pengangkatan kapsul yang melingkupinya sudah bersih.Kapsul disini adalah suatu jaringan yang melingkupi cairan yang teradapat didalamnya. Anda tidak perlu terlalu khawatir oleh karenanya. anda menanyakan kenapa Makanan panas menyebabkan luka melepuh lagi pada daerah bekas operasi ?hal ini kemungkinan wajar oleh karena jaringan anda sedang mengalami proses penyembuhan. Bila gejala ini tidak menyembuh dan terulang kembali , kontrol lah ke dokter anda, dan pesan saya jangan sering sering ganti dokter , oleh karena dokter anda mempunyai riwayat medis saat pertama kali anda memeriksakan diri ke dokter tersebut, kalau toh anda ingin minta second opinion silahkan ke dokter lain tanpa meninggalkan dokter pertama yang telah merawat anda. Mucocele bisa disebabkan oleh trauma ( benturan atau sejenisnya) dan karena pembuntuan kelenjar liur. Dan belum pernah dilaporkan mucocele ini menyebabkan insiden terjadinya kanker rongga mulut, anda tidak perlu terlalu kwatir karenanya. Oke have anice day..nice life....semoga paparan singkat ini membantu anda.


000OOOooo

irman mengatakan...

terima kasih sekali jawaban dokter dondy, terus terang tadinya saya khawatir sekali tentang benjolan ini takutnya gejala kanker rongga mulut,gambar yang dokter tampilkan di website depan persis kaya mucocele saya,oh ya umur saya 32 tahun dok tinggal di cilegon banten, dengan penjelasan dokter membuat saya enak tidur tapi penyakit ini ada hikmahnya dok, saya udah 1,5 bulan berhenti total merokok semenjak ada mucocele nya, sore ini saya akan temui dokter spesialis bedah mulutnya, mau kontrol yang bekas jahitan yang terkena panas, jadi pas setiap saya habis makan baik yang pedas atau dingin benjolan di bekas jahitannya agak membesar lagi ( tapi gak sebesar mucoclee saya yang diangkat dulu dok) sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak dokter dondy

dondyDrg mengatakan...

ya terima kasih kembali pak, semog a jawaban saya membantu anda, kalau ada permasalahan tentang kesehatan rongga mulut bapak ataupun keluarga , silahkan tulis di blog ini, saya sarankan anda tulis di kotak kecil sebelah kiri blog ini, yang berjudul "pertanyaa dan komentar silahkan tulis disini " ( shoutmix widge chat box ) sehingga saya bisa langsung tahu kalau ada pertanyaan yang masuk. Memang sebaiknya anda hentikan merokoknya karena sangat banyak sekali kelainan yang bisa timbul di rongga mulut berkenaan dengan merokok, telah banyak diulas tentang pengasuh rokok terhadap kesehatan rongga mulut di web lain atau di blog saya. oke selamat beraktifitas. have anice day.....

Anonim mengatakan...

Dokter Dondy..yang cool..perkenalkan saya BUDI SUMKAJADI, umur saya 35 tahun, saya mempunyai benjolan tapi bukan di mulut bag.dalam,melainkan di bagian bawah dasar lidah,bentukbenjolan mulai terasa ketika bulan puasa september 2008 yg lalu,timbul setelah makan goreng-gorengan dan saus cabe. namun setelh berhenti makan itu benjolan tsb mengecil. tetapi di bulan desember kemaren benjolan itu muncul lagi dan ga kunjung mengecil bahkan konstan.saya tanya ke dokter puskesmas; katanya ini adalah akibat penyumbatan kelenjar ludah sehingga cairan ga lancar dan menggelembung agak kehitaman.kalo di pegang agak lembek. yang saya tanyakan apakah saya harus bedah mulut? dan bagaimana caranya agar tidak terjadi penyumbatan saluran kelenjar ludah lagi. terimaksih dok..

drgdondy mengatakan...

tErima kAsih pak budi, kemungkinaN besar apa yang dikatakan olEh dokter puskesmas anda adalah benar, karena mukocele tanda nya ya sepErti yang andA sebutkan tadi. Karena bila tumor yang (mempUnyai massa yang liat tidak akan kempis terus menggembung seperti itu). ada baiknya memang anda pergi ke dokter gigi spesialis bedah mulut untuk mendapatkan terapi yang memadai dan paripurna. Pencegahan mucocele tidak ada, kelainan ini terjadi oleh karena pembuntuan kelenjar karena suatu trauma, jadi timbul karena proses traumatis. Jalan yang sering dilakukan adalah pengambilan kapsul yang meyelingkupi mucocele ini. Sebelum ke bedah mulut ada baiknya anda ke dokter gigi spesialis ORAL medicine. Kalau dirasakan diperlukan tindakan biasanya disarankan untuk ke dokter bedah mulut. Terima kasih, semoga jawaban singkat ini membantu anda.

Anonim mengatakan...

Terimakasih Dokter Dondy, atas penjelasan awal tentang keluhan saya. hari rabu tgl 7/01/09 saya (BUDI SUKMAJADI)pergi ke RSU Bekasi atas rujukan dokter Puskesmas, kemudian kata dokter spesialis Bedah Mulut ini namanya penyakit RANULA. Selanjutnya harus di operasi hari senin besok tgl 12 jan 09. Yang jadi pertanyaan saya setelah operasi nanti Apakah ada efek samping terhadap sistem pencernaan, Apakah faktor penyebab penyumbatan air liur dapat diatasi, tanpa operasi? dan apakah setelah operasi dilakukan tidak akan terjadi penyumbatan lagi? itu saja dok ungkapan saya..Sekaligus minta dukungannya dan Do'anya dari Dokter.. Trims... Viva Dokter Dondy

drgdondy mengatakan...

ya terima kasih kembali pak budi, ranula hampir sama dengan mucocele, patogenesa atau pun penyebabnya hampir mirip , sama sama melibatkan kelenjar air liur,kelenjar yang terlibat disini adalah submandibula, letaknya persis seperti gambran yang saya tunjukkan disebelah kiri, dan mungkin ini gambaran ranula yang terjadi pada anda. Kelainan ini tidak berhubungan sama sekali dengan sistem pencernaan, oleh karena hanya kelainan lokal saja dan bukan sistemik ( kelainan yang berhubungan dengan pembuluh di tubuh ). Disebut ranula oleh karena kelainan ini mempunyai kemiripan bentukan seperti perut katak. Letaknya spesifik didasar lidah seperti yang anda keluhkan sebelumnya. Bilamana telah diangkat jarang sekali terjadi kekambuhan, oleh karena kapsul yang menyelingkupi kelainan ini telah diangkat sempurna, bila tidak bersih kemungkinan bisa juga terjadi kekambuhan oleh karena terdapat sisa2 dari epitel pada bentukan ranula ini.Tapi dokter anda pasti akan melakukannya sesuai dengan standart profesi kedokteran yang ia punyai , so tidak perlu kwatir pak.Oke selamat melakukan operasi, anda sudah melakukannya mungkin ketika tulisan ini saya buat. Tenang saja pak, take it relax n easy, take deep breath, anda sudah melakukan perawatan yang tepat di tangan dokter gigi BEDAH MULUT ANDA dan jangan lupa teruskan kebiasaan healthy life stylenya . Salam untuk keluarga di rumah....

freefun0616 mengatakan...

酒店經紀人,
菲梵酒店經紀,
酒店經紀,
禮服酒店上班,
酒店小姐兼職,
便服酒店經紀,
酒店打工經紀,
制服酒店工作,
專業酒店經紀,
合法酒店經紀,
酒店暑假打工,
酒店寒假打工,
酒店經紀人,
菲梵酒店經紀,
酒店經紀,
禮服酒店上班,
酒店經紀人,
菲梵酒店經紀,
酒店經紀,
禮服酒店上班,
酒店小姐兼職,
便服酒店工作,
酒店打工經紀,
制服酒店經紀,
專業酒店經紀,
合法酒店經紀,
酒店暑假打工,
酒店寒假打工,
酒店經紀人,
菲梵酒店經紀,
酒店經紀,
禮服酒店上班,
酒店小姐兼職,
便服酒店工作,
酒店打工經紀,
制服酒店經紀,
酒店經紀,

,酒店,

Anonim mengatakan...

dokter
saya juga punya ranula nih .4tahun yang lalu juga pernah .trus diambil .ada di bawah lidah .
tapi sekarang muncul lagi .tapi di mulut bagian bawah .kenapa ya kok bisa ada lagi ?
makasii

Anonim mengatakan...

terima kasih sebelumnya dokter.
Saya pergi ke dokter THT dan beliau mengatakan kalau benjolan di bawah lidah saya namanya RANULA dan saya dikasih antibiotik karena benjolan tersebut pecah.
Yang mau saya tanyakan adalah apakah tepat kalau ditangani oleh dokter THT ato saya pindah saja ke dokter gigi spesialis bedah mulut??

claudyusuf mengatakan...

Dok saya mau tanya, sudah hampir setahun gigi saya yang berlubang munvul benjolan didalam lubangnya, tidak sakit sih tapi kalo buat makkan sakit terus kadang-kadang berdarah dan benjolannya kempes tapi besoknya membesar lagi dan semenjak muncul benjolan ini nafas saya jadi bau.. pertanyaannya, sebenarnya ini kenapa dan apakah ini berbahaya? lalu bagaimana cara menghilangkan benjolan ini..