Sabtu, 18 Oktober 2008

Mengenal jenis gigi tiruan ( denture )


Gigi yang hilang atau tanggal dapat terjadi melalui beberapa cara seperti terkena penyakit periodontal, gigi yang rusak atau gigi yang mengalami truma.

Denture atau gigi tiruan dipakai untuk menggantikan gigi yang hilang. Denture telah dipakai selama bertahun tahun untuk menggantikan gigi yang hilang.Metoda alternatif yang lain yang dipergunakan adalah dental implant dan juga sistem jembatan cekat ( fixed bridge ).
Gambar disamping adalah gigi akrilik( paling atas) dan gigi valplast ( yang bawah ).
Hilangnya gigi akan membuat beberapa efek negatif diantaranya adalah berkurangnya rasa percaya diri, kemampuan untuk mengunyah dan juga kemampuan untuk menggigit makanan.Oleh karena gigi memberikan struktur dan dukungan terhadap pipi,Gigi yang hilang akan membuat seseorang kelihatan lebih tua dari umurnya. Adalah memang merupakan hal yang penting untuk menggantikan gigi anda yang ompong dengan menggunakan denture. Dentures dapat diangkat untuk dibersihkan dan dirancang agar kelihatan seperti gigi yang benar benar asli , juga nyaman dalam pemakaiannya. Denture yang modern akan memberikan penampakan yang fantastis dan akan kelihatan seperti gigi yang alamiah.


Jenis jenis gigi tiruan.

Ketika keseluruhan geligi anda hilang makan diperlukan penggantian secara penuh, tetapi bila hilang sebagain saja, hanya bagian yang hilang saja yang akan diganti dengan gigi tiruan. Dentures biasanya dibuat dari bahan yang disebut dengan akrilik resin ( gigi akrilik ). Tetapi oleh karena area modern sekarang ini terdapat pengembangan bahan denture yang disebut dengan valplast, bahan ini lebih fleksibel dan tidak akan bisa pecah , keunggulan lainnya bahan ini tanpa menggunakan kawat yang ditautkan pada gigi
Bagaimana cara merawat gigi tiruan( denture ) ?
Merupakan hal yang penting untuk menjaga denture anda agar selalu bersih. Anda harus melepas gigi tiruan anda untuk memberikan istirahat pada gusi anda sebelum tidur,dan hal ini akan memberikan kesempatan air liur untuk mengalir dengan normal dan membuat lingkungan rongga mulut anda agar senantiasa bersih.

Hal yang dianjurkan adalah bila anda tidak memakai gigi tiruan, rendam pada air bersih dan simpan didalam gelas yang berisi air bersih tersebut, sebenarnya terdapat cairan khusus yang biasanya dipergunakan untuk merendam denture.
Selalu bersihkan denture anda sebelum anda merendamnya. Bila sudah cukup banyak terdapat kotoran dan mungkin stain atau noda noda warna dari makanan yang menempel erat pada denture anda, dokter akan melakukan pembersihan dengan alat atau bahan khusus yang terdapat di dokter gigi . Dan yang penting lagi adalah selalu lakukan kunjungan ke dokter untuk memastikan bahwa denture anda selalu dalam kondisi yang baik.Denture yang tidak pas lagi dengan mukosa rongga mulut anda akan menyebabkan iritasi dan keradangan pada daerah sekitar gusi dan bisa jadi menyebabkan sumber masalah pada waktu berbicara dan ketika dipakai waktu makan.
Berapa lama denture bertahan ?
Hal ini tergantung dari perawatan yang anda lakukan di rumah, dan hal yang mungkin tidak bisa dielakkan bahwa suatu saat gusi anda akan menyusut dan hal ini perlu dilakukan koreksi lebih lanjut lagi.
Pada kunjungan pertama dokter akan menilai mana mana gigi yang perlu dilakukan pencabutan, pencabutan ini diperlukan agar supaya setelah dilakukan pemasangan denture , keadaaan rongga mulut bisa terus berada dalam keadaan yang sehat.


Immediate dentures

Pada beberapa kasus bila perlu dilakukan pencabutan gigi, terdapat suatu denture yang khusus dibuat untuk memberikan kesempatan kepada struktur gusi dan jaringan sekelilingnya untuk menyembuh, hal ini yang disebut dengan immediate denture, biasanya denture jenis dibuat dari bahan self cured atau bahan yang tidak bisa bertahan lama bila diletakkan didalam mulut dan bahan ini juga bisa menimbulkan retensi atau menarik air liur, karenanya immadiate denture ini dipergukan untuk sementara saja. Setelah dirasakan jaringan tersebut telah baik kondisinya atau menyembuh , maka nantinya akan dibuatkan denture yang permanen.
---oooOOOooo---