Selasa, 14 Oktober 2008

jawaban kasus untuk bapak Hadi-telkom lumajang.

tanya :Ass, gmn kbrnya dokter Dondy?dok, Gusi saya yg belakang bengkak dan suakit, kata istriku itu gigi premolar, biar gak sakit gimana ya? udah semingguan sakit

jawab: walaikum salam mas hadi, biasanya itu yang disebut dengan periodontal abses kalau gigi penyebabnya sudah mengalami kerusakan, kalau gigi anda tidak rusak itu disebut dengan ginggival abses, ginggival abses banyak sekali penyebabnya.


Saya rasa anda mengalami kelainan yang saya sebut pertama kali, -periodontal abses-, karena kasus tersebut yang sering saya temui di puskesmas ataupun di rumah sakit tempat saya.
Perawatan definitifnya adalah pengeluaran nanah atau pus bila sudah terbentuk pus atau nanah,dilakukan Incisi istilahnya, setelah itu baru diberikan antib iotika , anti inflamasi dan analgetik.
Setelah bengkak anda sembuh haruslah dilakukan perawatan selanjutnya yaitu bisa dengan dilakukan pencabutan atau perawatan konservasi gigi ( penambalan gigi ). Bila anda tidak lakukan perawatan lanjutan, kemungkinan besar gigi anda akan mengalami exacerbasi atau kekambuhan. Terima kasih atas pertanyannya.semoga membantu.


000OOO000