Rabu, 20 Agustus 2008

Pikir dulu sebelum cabut gigi...!


Pencabutan gigi bukanlah merupakan suatu yang enteng untuk dilakukan, perlu persiapan yang memadai dan perlu dilihat dari keseluruhan aspek,...Apakah penderita cukup sehat untuk dilakukan pencabutan di giginya ? apakah tidak ada penyakit yang menyertai?dan lain lainnya.
Sering kali seseorang dengan mudahnya minta dilakukan pencabutan gigi ke dokter giginya...(walah..dokter giginya diperintah nih...hehehe)
Yang patut anda ketahui bahwa Efek dari pencabutan gigi banyak sekali ragamnya, terutama bila setelah dilakukan pencabutan gigi tidak dilakukan perawatan lanjutan,...perawatan lanjutan disini diartikan misalnya dengan pembuatan denture ( gigi palsu) dan perawatan rehabilitatif lainnya.
Gigi yang tidak dilakukan penggantian dengan segera bisa memicu terjadinya drifting(pergerakan) pada gigi sebelahnya, dan bisa juga terjadi supra posisi pada gigi antagonisme, supra posisi adalah gigi yang separalel dengan gigi yang dicabut(kalau gigi atas yang paralel adalah gigi bawah dan sebaliknya)akan bisa mengalami modhot atau lebih panjang .Penyebab hal ini adalah pada dasarnya gigi berusaha untuk mencapai keseimbangan yang ideal didalam rongga mulut dan berusaha untuk mendapatkan kembali kontak dengan gigi yang masih tersisa didalam mulut. Akibat lainnya adalah sisa gigi yang ada bisa memicu terjadinya multiple diastema , yaitu gigi menjadi benggang-benggang atau mempuyai celah diantara gigi ( gap/diastema multiple ) , dan bila hal ini terjadi maka penderita akan mudah mengalami selilit kalau mereka makan ( kotoran masuk diantara gigi/interdental), dan bila berlangsung pada waktu yang lama akan terjadi karies ( kerusakan ) gigi yang dalam tahap ekstrem bisa terjadi rampant karies(kerusakan gigi menyeluruh )
Anda tidak ingin terjadi masalah ini khan ? jadi...pikir dulu sebelum cabut gigi....selama gigi bisa delakukan perawatan ,sebaiknya dirawat,Jangan membabi buta dicabut..memang natinya gigi tidak akan menjadi sakit lagi,lha... memang giginya nanti jadi hilang setelah dicabut, sakit dari mana? wong gigi yang sakit udah hilang? tapi ...gigi anda akan habis sedikit demi sedikit, anda mau jadi ompong di usia muda ?

3 komentar:

freefun0616 mengatakan...

酒店經紀人,
菲梵酒店經紀,
酒店經紀,
禮服酒店上班,
酒店小姐兼職,
便服酒店經紀,
酒店打工經紀,
制服酒店工作,
專業酒店經紀,
合法酒店經紀,
酒店暑假打工,
酒店寒假打工,
酒店經紀人,
菲梵酒店經紀,
酒店經紀,
禮服酒店上班,
酒店經紀人,
菲梵酒店經紀,
酒店經紀,
禮服酒店上班,
酒店小姐兼職,
便服酒店工作,
酒店打工經紀,
制服酒店經紀,
專業酒店經紀,
合法酒店經紀,
酒店暑假打工,
酒店寒假打工,
酒店經紀人,
菲梵酒店經紀,
酒店經紀,
禮服酒店上班,
酒店小姐兼職,
便服酒店工作,
酒店打工經紀,
制服酒店經紀,
酒店經紀,

,酒店,

maya nadine smith mengatakan...

saya wanita 21thn
gigi geraham saya ( no 2 dari belakang ) bolong dan sakiiiiiiiiittt banget ... niatnya sih mau dicabut saja, tapi setelah baca postingan ini kok jadi ngeri yaaahh .... perlu diketahui lubang pd gigi saya cukup besar sehingga saat makan, pasti ada sisa makanan yg tertinggal di dalam gigi ... nah ini nih yg bikin sakit ....
dan tiap kali saya bergerak ( lari / aktifitas yg menimbulkan getaran ) gigi saya yg berlubang itu sering ngilu ... >_< tolong sarannya ... terimakasih
maya / bekasi
sem4ngat_maya@yahoo.co.id

Dondy Setyawan,drg. mengatakan...

sebetulnya anda tidak perlu kwatir, bila dilakukan oleh professional, pencabutan gigi , aman2 saja...bila anda membiarkan gigi tersbut berlubang, makanan dngan sangt mudah akan masuk ke lubanggigi anda dan menciptakan retensi makanan/ tempat berkumpulnya makanan, juga perasaan yang tersiksa karena pulpa ataus araf gigi ter ekspose pada lingkungan luar, hal ini yang akan menyiksa anda,gigi berlubang tidak harus dicabut, bisa dibuatkan crown atau mahkota selungkup bisa juga ditumpat/ditambal bila sisa jaringan gigi yang ada masih mendukung untuk dilakukan proses filing atau tambalan, kunjungi dokter gigi anda yang berpengalaman, mereka akan memberikan perawatan yang ideal untuk anda..pilih drg yang telaten untuk menerangkan masalah anda dan memberikan pilihan perawatan yang ideal bagi anda ..
ok good luck..
dont worry be happy...