Rabu, 13 Agustus 2008

Bau mulut ( halitosis )


Apalah namanya baik itu yang disebut dengan bau busuk dari mulut ataupun yang lainnya, didalam dunia medis keadaan ini disebut dengan halitosis.Keadaaan ini membuat beberapa pasien merupakan hal yang meealukan sepanjang hidupnya.Beberapa orang dengan bau mulut kadangkala tidak menyedari tentang keberadaann si bau mulut ini. Bila anda merasa terganggu dengan keadaan ini segeralah untuk menemui dokter gigi anda. dokter gigi akan mampu untuk megidentifikasi penyebab nafas berbau ini.Bila hal ini disebabkan oleh karena keadaan didalam mulut, maka dokter gigi akan merencanakan rencana perawatan untuk menghilangkan keadaan ini.
Apa yang anda makan akan mempengaruhi udara yang anda lepaskan.Beberapa makanan seperti bawang , diperkirakan bisa menyebabkan nafas yang tidak sedap ini.Ketika makanan diserap kedalam pembuluh darah,akan dialirkan ke paru, dimana ia akan mengeluarkan aroma ini melalui nafas kita.Sikat gigi , penggunaan benang gigi dan penggunaan obat kumur hanyalah akan menutupi bau ini sementara saja.Bau ini akan terus berlangsung selama kadar makanan yang beraroma tadi masih terdapat didalam tubuh.BIla anda tidak melakukan penyikatan, maka partikel makanan akan melekat pada gigi dan lidah anda, Makanan yang menumpuk ini akan bisa menyebabkan nafas yang tidak sedap...

Nafas berbau juga bisa disebabkan oleh karena keadaan mulut yang kering, biasanya hal ini oleh karena kelainan yang disebut dengan xerostomia, xerostomia menyebabkan aliran air liur kita menjadi berkurang.Bila anda berobat ke dokter gigi , biasanya disarankan untuk pemakaian obat yang merangsang keluarnya air liur secara normal..

Tembakau juga bisa menghasilkan nafas yang tidak enak.
Nafas yang berbau juga merupakan cerminan gangguan kesehatan,seperti infeksi lokal dari saluran pernafasan, sinusitis kronis, bronkitis kronis, diabetes, gangguan pencernaan, gangguan liver ataupun gangguan pada ginjal.

Penyikatan gigi yang dilakukan sehari dua kali dengan pasta gigi yang mengandung fluoride akan mampu untuk membersihkan debris dan plak yang terbentuk. Dan jangan lupa untuk menyikat lidah anda, dan sekali sehari gunakan benang gigi ( floss ) untuk membersihkan area yang terdapat diantara gigi.
Obat kumur pada umumnya hanya merupakan kosmetik saja dan tidak akan bisa mempertahankan nafas yang harum dan semerbak mewangi untuk jangka yang lama.
Jadi bila anda mengalami halitosis cari sumber masalahnya, bukan dengan pemakaian obat kumur yang sembarangan tanpa mengetahui penyebabnya. Anda tak ingin termakan iklan khan? dan menguras duit di kantong anda ?