Kamis, 14 Agustus 2008

kesehatan gigi mulut pada kehamilan


Terdapat beberapa bukti yang menyatakan bahwa adanya hubungan antara penyakit pada gusi dengan kelahiran yang premature atau kelahiran dengan bayi berat badan lahir rendah bagi ibu tang mempunyai penyakit pada lingkungan rongga mulutnya.
Wanita degan penyakit pada rongga mulutnya merupakan seseorang dengan potensial terbesar terkena resiko kelainan ini
Apa itu penyakit gusi/ ginggivitis ?

Penyakit gusi atau ginggivitis adalah suatu keradangan pada gusi yang secara progresif bisa mempengaruhi struktur tulang yang terletak dibawahnya ( tulang rahang).Kelainan ini disebabkan oleh bakteri yang terdapat didalam plak, bila tidak dilakukan pembersihan gigi secara maksimal , bakteri didalam plak akan bisa menyebabkan kelainan pada gusi ini. Bahkan pada tingkatan yang lebih parah, gigi bisa mengalami tanggal ( periodontitis marginalis )
Terdapat tiga tahapan penyakit pada gusi :
1.Gingivitis: Adalah tahap awal dari penyakit gusi, keadaan ini adalah suatu proses keradangan yang disebabkan oleh plak yang terbentuk di batas antara gusi dan
gigi ( cervical gigi ).Plak akan memproduksi toksin yang bisa mengiritasi jaringan gusi bila tidak dilakukan pemebersihan secara maklsimal. Tanda dari kelainan ini adalah pendarahan pada gusi pada waktu melakukan sikat gigi , tetapi ginggivitis ini bersifat reversible atau bisa kembali ke keadaan yang normal bila toxin atau racun yang dikeluarkan oleh bakteri segera di lakukan eliminasi.
2.Periodontitis: PAda tahap ini, jaringan tulang pendukung dan struktur dibawahnya sudah rusak dan bersifat menetap. Gusi anda akan tercipta suatu poket atau kantong, dimana makanan akan mudah tejebak disana dan memperparah kondisi ini.BIla keadaan ini dibiarkan gigi akan menjadi goyang dan akibatnya dokter gigi anda akan mencabut gigi anda....
PAda tahap awal kelainan pada gusi bisa ditangani dnegan melakukan pembersihan gigi ( yang dilakukan oleh dokter gigi ),bila memungkinkan akan dilakukan suatu root planing yaitu pembersihan karang gigi yang ada didalam akar gigi untuk menghaluskan permukaan akar sehingga sulit bagi karang gigi terbentuk disana.
Dengan melakukan kontrol secara teratur radang gusi ini bisa ditanggulangi.
Kelainan yang terjadi pada waktu kehamilan :
1.Pregnancy gingivitis : terjadi karena perubahan hormonal yang mengakibatkan gusi bereaksi berlebihan terhadap plak pada strukture gigi.
2.Gigi sensitif :
penyebabnya oleh karena selama masa kehamilan ibu sering menkonsumsi makanan yang masam dan sering muntah, untuk menghindari hal ini hindari makanan yang bersifat masam dan bila muntah segera bilas atau berkumnur dengan air bersih.
Apa yang sebaiknya dilakukan pada ibu hamil selama masa kandungannya ?
1.Cek keadaan gigi dan mulut.
2. Sikat gigi sedikitnya dua kali sehari, setelah makan pagi dan sebelum tidur. jangan lupakan ...!.
3. lakukan flossing tiap hari, Flosing adalah pembersihan dengan menggunakan benang gigi , bisa dibeli di apotik, tujuannya untuk membersihkan plak yang terletak diantara gigi ( interdental ).
Ginggiviti lebih sering terjadi pada ibu hamil oleh karena terdapat proses perubahan hormonal disana.
Jadi, memeliharan kesehatan rongga mulut bagi ibu hamil meupakan hal yang essensial yang harus diperhatikan.
oke, have you got it ? semoga bermanfaat