Senin, 11 Agustus 2008

gigi impaksi, si pembawa bencana


punyai gigi yang tumbuhnya miring? gigi yang tumbuhnya miring terutama dirahang bawah, lumrah disebut dengan gigi impaksi. Kenapa gigi impaksi? ada beberapa teori yang menyertainya.. salah satunya adalah bahwa makanan manusia sekarang adalah tipe makanan yang lunak dan mempunyai serat yang rendah, jadi pertumbuhan rahang menjadi tidak optimal, sedangkan gigi yang benihnya tetap komplit menjadi tidak cukup tempatnya oleh karena rahang yang telah mengalami atropi atau penyusutan besaran dari rahang tersebut.
Penanganan

Penanganan dari kondisi ini adalah dengan melakukan prosedur yang dinamakan dengan odontektomi, odontektomi adalah pemotongan gigi secara berencana pada gigi yang miring tersebut, caranya kita lakukan incisi/ pemotongan pada gusi/ginggiva, setelah itu akan tampak tulang yang menyelimuti gigi ini, tulang kita potong agar gigi terbebas dari halangan untuk bisa dikeluarkan, setelah dilakukan pencabutan, dilakukan penjahitan pada luka bekas cabut tersebut.. prosedur ini lamanya tergantung dari tingkat kesulitan yang ditemui, kadang bisa lama...kadang bisa secepat kilat gak ada lima menit...hehehehe.
Saran
Jadi kalau anda punya gigi dengan kondisi ini gak usah kwatir, temui dokter gigi anda yang terpercaya, utarakan keluhan anda, bila dirasa berat kasusnya, dokter gigi akan menyarankan untuk melakukan prosedur operasi pada dokter gigi spesialis bedah mulut.
Terima kasih.....