Minggu, 19 April 2009

untuk dokter gigi : Hasil seminar di hotel sulawesi - Jember 17 april 2009


Topik ini dibahas dalam seminar sehari di Hotel sulawesi jember, 17 april 2009, pembicaranya adalah DR.Erni trilaksono Drg,M kes,Sp Perio, dari departemen periodontia, universitas airlangga fakultas kedokteran gigi ( dosen saya nih....) Beliau menerangkan tentang resesi ginggiva dan perawatannya, ulasan singkatnya sebagai berikut :


Sessi I Resesi ginggiva
dijabarkan sebagai : Dislacement dari gingival margin menuju ke apek dari semento enamel junction. Resesi ini memcu terjadinya sensitifitas, karis pada akar dan estetik yangtidak baik. Etiologi : usia --> 58% pada usia 30 - 90 tahun - 40 % pada gigi yang mengalami malposisi - Faktor anatomi - karena adanya bakteri ( secara mikrobiologi ), hilangnya attachment oleh karena proses keradangan lokal. - Trauma - Oral higine yang jelek


Management dari resesi ginggival ini terdapat 2 faktor :

1. Bedah mukoginggiva/ginggival palstic surgery
2. Ginggival replacement dengan bahan artificial ( pengganti ) jadi bila temen teman dokter menemukan kasus periodontitis type cepat, dengan scaling kurang memberikan hasil..penangannan yang tepat adalah dengan memberikan bahan khusus yang ditaruh di soket yangtelah dilakukan scaling, basanya dipergunakan gel obat yang berisi metronidazole dan tetrasiklin ( khusus , bukan metro atau tetra yang dimasukkan langsung ). Dan pada seminar itu juga disinggung bahwa pemberian gargle seperti yang mengandung chlotrhexidine dan sebagainya tidak akan menyembuhkan periodontis marginalis penyebab resesi ini dengan cepat ., karena resesi disebabkan oleh bakteri yang spesifik ( Type AA--> actinobacillus ), bukan bakteri rongga mulult yang biasa ditemui. Penggunaan obat kumur hanya melemahkan bakteri secara umum, bukan membunuh bakteri spesifik penyebab resesi ginggiva ini. Tetapi bila keadaan ini sangat parah,selain diberikan obat gel langsung di soket juga haruslah diberikan obat2 an sistemik metro ataupun tetrasiklin ( tergantung keadaan pasien ) Bila resesi hanya sedikit bisa dilakukan flap pada ginggiva , ditarik ,ditutupkan kemudian dilakukan hetching pada daerah tersebut, idealnya pada bagian bawah ginggiva diberikan suatu graft sehingga pertumbuhan tulang daerah resesi bisa maksimal. Bila resesi ini sedemikan parahnya sehingga kemungkinan tidak bisa diperbaiki, maka perlu dibuatkan Artificial ginggiva dengan bahan yang sama yang dpergukan juga untuk rebasing pada artificial denture.

sessi 2 : tentang pedifen Sesi ini diisi oleh sponsor yang memperkenalkan pedifen. Pedifen adalah termasuk ibuprofen tetapi memepunyai spesifikasi yang khusus oleh karena obat ini mempunyai bahan tambahan yaitu asam amino esensial ( arginin ), Keunggulan AA ( asam amino ) ini adalah mengisi kekosongan atau kelemahan ibuprofen. Onset dari obat ini sangat cepat dan sangat aman untuk gaster,tetapi tetap ibu hamil dan menyusui harus diawasi dengan ketat penggunaannya.

Sessi 3 : Mikrosirkulasi
Karena terdapat suatu mikrosirkulasi apda jaringan periodontal dan keseluruhan gigi maka penanganan yanghati hati dalam konservasi misalnya hruslah mutlah diperlukan, seperti penggunaan water sprai pada high speed bur mutlak harus diperhatikan, guna menjaga kesehatan mikrosirkulasi sekeliling struktur gigi dan jaringan pendukungnya.




oooOOOooo