Rabu, 29 April 2009

keuntungan dan kerugian dari resin komposit

haidar dok, tanya dong. kalau keburukan dari resin komposit itu apa ya? bikin tulisan tentang itu dong dok :D

Keuntungan :

tumpatan Komposite resin melekat jauh lebih baik pada sisa gigi yang ada setelah dilakukan cavity entrance. Tumpatan ini mempunyai estetik yang lebih baik.

Resin komposit Mampu untuk memperbaiki penampilan gigi yang mempunyai bentuk yang tidak bagus, juga pada gigi yang mengalami diskolorasi.

Composite resin bisa bertahan enam hingga dua belas tahun, dan rata rata paska tumpatan komposit rasa sensitif jarang terjadi bila dibandingkan dengan tumpatan amalgam misalnya..

Kerugian

Composite resin membutuhkan waktu yang relatif sedikit lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi amalgam. Selain itu bahan ini mempunyai harga yang relatif mahal sehingga jatuhnya ke pasien akan mahal pula.

Kekerasan atau setting bahan in tergantung dari bahan sinar yang diaplikasikan

( bila menggunakan sistem light cured ), pada alat sinar yang kurang bagus, kadangkala intesitas sinarnya tidak mampu menembus ketebalan dari komposit ini dan seringkali terjadi terjadi kekerasan di bagian luarnya saja, sedangkan bagian yang dalam masih belum setting betul .

Juga tahapan aplikasi komposit harus benar benar diperhatikan oleh karena perlekatan bahan ini selain menggunakan tehnik chemical juga menggunakan tehnik fisikal ( mekanikal interlocking dan bonding )


Tetapi secara umum komposit light cured adalah bahan terbaik saat ini bila dibandingkan dengan bahan tumpatan lainnya.


oooOOOooo