Minggu, 05 April 2009

karies gigi : senyampang pandang

artikel ini mempunyai link dengan web lain, silahkan klik kata kata yang bergaris bawah untuk penjelasan lebih detail )


Dental caries, dikenal juga dengan tooth decay or cavity atau
lubang pada gigi,merupakan suatu disease ( penyakit ) dimana proses bakteri merusak hard tooth structure ( jaringan keras gigi ) (enamel, dentin dan cementum).[1]

Dua kelompok bakteri perusak gigi adalah : Streptococcus mutans dan Lactobacilli.

Bila dibiarkan penyakit ini bisa menimbulkan pain, ( nyeri )tooth loss,( hilangnya gigi ) infection,( infeksi ) dan pada beberapa kasus menimbulkan kematian, death.[2]

sekarang, penyakit ini merupakan penyakit umum di dunia. Ilmu yang mempelajari tentang karies adalah Cariology


Kerusakan gigi disebabkan acid-yangdiproduksi oleh bacteria ,bakteri ini bekerja bila terdapat fermentable carbohydrates seperti sucrose, fructose, dan glucose.[3][4][5]

mineral yang terkandung didalam gigi adalah bersifat sensitif unuk meningkatkan acidity ( keasaman ) terhadap produk dari bakteri yaitu lactic acid.

sebenarnya secara spesifik,gigi yang mengandung mineral akan bisa membentuk kembali mineralnya( remineralization )antara gigi dan saliva ( air liur ) yang menyelingkupinya.


BIla pH pada permukaan gigi jatuh sampai dibawah 5.5, demineralization lebih cepat dibanding dengan remineralization

Sayangnya sampai sekrang belum ada metode untuk melakukan regenerasi

terhadap sejumlah struktur gigi yang hilang karena serangan bakteri ini.

Gigi bisa mengalami lubang bila karbohidrat seperti gula atau tepung tertinggal didalam gigi, dan ini akan dirubah menjadi asam oleh bakteri.

Lebih dari 80% kavitas terbentuk di pit dan fissure ( celah2 gigi ), dan semakin terbentuk bila saliva tidak bisa mencapai daerah itu.

Encernya saliva merupakan hal yang menguntungkan yang berguna untuk menetralkan asam dan membentuk remineralisasi sebagai perlawanan terahadap demineralisasi.

Mengunyah serat yang terdapat dalam buah dan sayur sangat membatu gigiuntuk mencgah karies, karena efek dari serat adalah untuk menghilangkan plak ( lapisan tipis pada gigi )

Tapi bukan berarti banyak makan serat anda gak perlu gosok gigi loh yah ? iddiihh.....