Selasa, 07 April 2009

tika: karies penyakit turunan ?

dari TIKA :

(1).apakah ada pngaruh hormonal thd komposisi&saluran saliva?

(2).apakah karies trmasuk pnyakit menurun?
(3)apakah ada pngaruh jnis klamin thd karies?
4.adakah pngaruh pnyakit sprti DM&TB thd karies?
-dok,kalo mlm aliran saliva khan brkurang,trz knp org bs ileran?
-apakah ileran tuch bs dhentikan/dkurangi dg gosok gi2 sblm tdr?

drDondy:

hai tika :
(1). terdapat pengaruh hormonal terhada komposisi saliva dan salurannya, contoh pada beberapa penyakit tertentu, bisa terjadi pembuntuan saluran kelenjar air liur atau produksinya. Contoh pada diabetes, aliran saliva bisa berkurang dan mencetuskan terjadinya dry mouth.
Komposisi saliva terhadap hormonal saya kurang begtu mendalami, tetapi komposisi saliva juga bisa mencerminkan penyakit yang diderita dari seseorang, dan hal ini bisa diidentifikasi dari komposisi salivanya.

(2).Penyakit karies termasuk menurun melalui komposisi salivanya, pernah denger RAMPANT KARIES khan ? coba di brows di internet tentang rampant karies.

(3) Pengaruh jenis kelamin terhadap karies karena pola atau style dari jenis makanan yang di konsumsi, contoh cowok suka junk food dan soft drink, minuman alkohol dan sebagainya, dan banyak lagi kebiasaan cowok yang merugikan kesehatan gigi dan mulut.

(4) sudah saya terangkan diatas.

orang ngiler ? hehehe....karena pada waktu tidur semua otot tubuh menjadi relax, termasuk juga otot2 mastikasi atau pengunyahan, jadi kalau ada aliran saliva yang lolos...itu sudah wajar......

Dengan gosok gigi ? cuman mitos, tetep tidak bisa merubah kebiasaan ngiler...mungkin dikuras dulu sebelum tidur tuh saliva yah tika /? hehehehe....


oke have anice day... kamu bisa invite saya di YM untuk chatting...ym saya : dondysetyawan@yahoo.com.
bye...see u ...!!!!