Minggu, 08 Februari 2009

tentang obat kumur


Tanya :
Dear Drg. Dondy,
Jika sedang hamil, obat kumur apa yg bisa digunakan? Kebetulan saya baru dibuka tambalan gigi krn nyeri, dan menunggu seminggu utk ditambal lagi. Saya beli obat kumur "B" tanpa setahu drg saya, ketika akan saya gunakan ternyata ada kontraindikasi utk ibu hamil.
Menurut dokter, apa yg seharusnya saya lakukan? Terima kasih utk jawabannya.

drgDONDY : makasih ibu , menjawab pertanyaan dari ibu , saya paparkan sebagai berikut :
Pemakaian obat kumur tidak efektif bila bukan pada indikasinya ( peruntukannya ).
Pemakaian obat kumur yang tepat adalah bila terjadi infeksi pada jaringan lunak atau setelah suatu proses surgery atau bedah ringan yang dilakukan di mulut seperti prosedur open metode extraksi, curettage dan sebagainya.
Diluar tersebut diatas pemakaian obat kumur tidak dianjurkan oleh karena ditakutkan terjadiny a resistensi ( kebal ) dari kuman rongga mulut , terutama bila ibu memakai jenis obat kumur ANTISEPTIK.
PAda kasus ibu , gigi yang berlubang dan sakit sebaiknya memang tidak diperlukan obat kumur. Rata2 obat kumur diperuntukkan pada jaringan lunak rongga mulut, bukan pada jaringan keras,
jadi pemakaian obat kumur yang ibu lakukan sekarang adalah hanya sugesti dari ibu saja, efeknya tidak banyak terhadap gigi ibu yang berluibang, ....
Saran saya, ikuti instruksi dokter gigi ibu, kalau tidak diinstruksikan memakai obat kumur, kenapa ibu pakai ?
Dan lagi ibu sedang hamil khan ? hati hati dalam pemakaian obat obtan jenis apapun juga meski hanya obat kumur.
Sekian jawaban dari saya.
Semoga bermanfaat.
Salam hangat dari saya untuk seluruh keluarga ibu....


oooOOOooo

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Informasi yang menarik, terima kasih informasinya!!!.

Bapak Dokter ini kok Gaul sekali, ngak banyak dokter bisa bagi-bagi ilmu gratis seperti anda!!!, mudah-mudahan kehidupan anda banyak bermanfaat untuk orang banyak, amien!!!

Anonim mengatakan...

makasih....semoga semuanya bermanfaat untuk sesama.. amal gak harus dengan uang atau harta khan? amal ilmu juga bisa..hehehhe.