Senin, 16 Februari 2009


Tanya : pak kalau bangun tidur pagi, kemudian mau makan tanpa gosok gigi dulu apa tidak apa apa??malamnya sblm tidur harus gsok gigi dulu, pas jaman SD guruku bilang gitu, bahwa kalau sebelum tidur malam harus gosok gigi dulu,dan paginya kalau mau makan tanpa gosok gigi dulu tidak apa apaApakah perlu sebelum tidur gosok gigi dulu ?dan apakah perlu begitu bangun langsung gosok gigi kemudian sarapan ??? sory byk tanya y pak? hehe...

jawab : yang bener adalah pada waktu pagi sarapan dulu kemudian baru gosok gigi, jadi tidak perlu begitu bangun pagi langsung gosok gigi.
dan kenapa malam hari perlu gosok gigi sebelum tidur ? karena pada waktu malam hari, kecepatan pengrusakan gigi adalah yang paling besar, karena pada waktu malam aliran saliva/ air liur akan sangat berkurang dibanding ketika kita berjaga/tidak tidur, dan pernah saya tulis bahwa fungsi saliva antara lain adalah sebagai pelawan bakteri rongga mulut dan menetralkan efek asam yang ditimbulkan oleh bakteri perusak gigi. Jadi bisa kamu bayangkan kalau kita punya banyak kotoran di mulut kita langsung tidur, sedangkan aliran saliva berkurang banyak, jadi efek kerusakan gigi akan sangat meningkat tajam bukan ?
Oke semoga jawaban singkat ini memuaskan .

Tidak ada komentar: