Jumat, 20 Februari 2009

jenis jenis full denture ( gigi tiruan penuh )




Tanya :
dari rcin , "apa jenis jenis denture penuh.?"


jawab : jenis gi
gi tiruan penuh / full denture atau gigi tiruan sebagian lepasan ( GTSL ) mempunyai beberapa prinsip yang sama, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. denture akrilik
jenig gigi ini adalah tipe yang konvensional atau sudah lama dipakai oleh sebagaian besar orang, kelemahan dari gigi tiruan jenis ini adalah mudah fraktur atau patah bila terja
di benturan yang tetrlalu keras, dan juga terkadang stain atau noda yang berasal dari makanan bisa menempel ke plat gigi jenis ini.




2. Flexidenture
/valpalst.
jenis gigi ini yang banyak dipakai sekarang, valpalst lebih tahan pecah dan tidak memerlukan kawat bila ia berfungsi sebagai gigi tiruan sebagian lepasan ( gtsl ). Kelemahannya adalah diperlukan support yang memadai dari tulang rahang atau processus alveolaris karena valplast ini bersifat lentur, dengan demikian diperlukan ridge/landasan dari tulang rahang yang harus bagus kondisinya.






3.jenis yang ketiga adalah kedua jenis gigi
tiruan yang telah disebut diatas dikombinasikan dengan metal(metal frame)

frame atau kerangka dari metal diperlukan sebagai tambahan sebagai stabilisasi denture didalam mulut.


Anda pilih yang mana ??tergantung budget yang anda punyai, saran saya..pilih yang memakai bahan valplast atau denture akrilik dengan kombinasi metal frame. Jangan bahan akrilik murni , karena berdasarkan pengalaman saya gigi tiruan jenis ini paling banyak menimbulkan komplain pada beberapa pasien saya.
BIla anda memakai type valpalst biasanya tidak diperlukan metal frame, kecuali rahang anda sudah mengalami proses resorbsi atau pengerutan tulang rahang yang banyak, sehingga dibutuhkan stabilisasi yang lebih tinggi.

Semoga ulasan singkat ini memberikan pencerahan pada anda .



-----000-----