Selasa, 25 November 2008

Susu kedelai, amankah ?


Produk produk susu yang berbahan dasar kedelai juga bahan dasar dari kue adalah aman untuk dikonsumsi dalam batasan batasan yang wajar,tetapi bagaimanapun juga beberapa orang alergi terhadap kedelai , dan disarankan untuk menghindari bahan makanan yang mengandung kedelai ini. Jadi kedelai bebas alergi? eit ..tunggu dulu!!

isoflavones yang terdapat dalam kedelai telah dilaporkan mampu untuk mengurangi fungsi tyroid pada beberapa orang, tyroid diperlukan guna proses hormonal sistem yang baik bagi beberapa organ didalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di jepang telah menemukan bahwa konsumsi kedelai sekitar 30 gram sehari mampu untuk mengurangi sedikit hormon yang merangsang kelenjar tyroid. Thyroid hormones adalah hormone yang mutlah diperlukan untuk membentuk dan memecah/ differensiasi sel tubuh manusia. Hormon ini juga mengatur protein, lemak, dan metabolisme karbohidrat . Hormon ini juga merangsang metabolisme vitamin .Beberapa orang yang ikut dalam penelitian dengan mengkonsumsi kedelai mengalami malaise ( tubuh lelah ), sembelit, tidak bisa tidur dan kelenjar gondok membesar. hubungan antara bahan makanan yang mengandung kedelai ini masih belum jelas dan beberapa penelitian masih dilakukan lagi saat ini.

PAda bayi yang mengalami kelainan hypothyroidism,susu formula yang mengandung kedelai harus dienyahkan dari daftar makanan bayi dengan kelainan seperti ini .

Dari beberapa penelitian, makanan yang mengandung kedelai bisa membentuk anti kanker.

Tetapi dalam beberapa penelitian pula, konsumsi susu kedelai, dalam beberapa keadaan khusus, bisa memicu terbentuknya KANKER PAYUDARA( breast cancer) .

BIla ovarium diambil dari binatang ,suatu keadaan dimana menyerupai pada wanita yang melakukan histerectomy ( pengambilan uterus ), bila dilakukan percobaan dengan menggunakan konsumsi genistein( soy isoflavone phytoestrogens) salah satu bahan yang terkandung pada susu kedelai , telah dilaporkan bisa meningkatkan proliferasi ( peningkatan jumlah ) sel sel kanker payudara. Bila tikus disuntik dengan genistein( salah satu kandungan yang terdapat didalam kedelai ), maka tikus betina akan mempunyai resiko yang lebih besar terhadap kanker payudara ini.

Kedelai menagndung zat yang disebut dengan phytic acid, yang bisa mengganggu atau berinterferensi dengan penyerapan mineral.


---oooOOOooo---




http://www.ion.ac.uk/healthnotes.php?org=ion&ContentID=2910007