Minggu, 23 November 2008

obat kumur : jenis dan efek samping

Ketika anda tidur, aliran air liur anda menjadi melambat, sehingga bakteri yang berada didalam mulut, yang menyebabkan terbentuknya plak dan ginggivitis , akan bekerja sepanjang malam.

Oleh karena itu kenapa ketika anda bangun pagi harinya anda akan merasakan bau mulut menjadi kecut.

Obat kumur/ mouthwash mengandung bahan aktif yang mampu untuk membunuh bakteri dan mencegah bakteri untuk melekat pada gigi anda.

Bagaimana memilih obat kumur .

Kebanyakan obat kumur yang berada dipasaran bertindak sebagai antiseptik, atau secara mudahnya kita sebut obat kumur ini hampir seluruhnya membunuh kuman, disamping anda bisa memilih obat kumur sesuai dengan rasa yang anda inginkan,

beberapa hal ini sebaiknya perlu anda untuk ketahui tentang kandungan beberapa bahan yang terdapat didalam obat kumur :

Obat kumur yang mengandung Fluoride akan mampu untuk melawan kerusakan pada gigi dengan cara meningkatkan kekerasan lapisan luar enamel ( mahkota gigi ).

Obat kumur yang mengandung Antiplaque akan melepaskan plak dari permukaan gigi dan plak yang terdapat diatas garis gusi ,
Kandungan obat kumur lainnya antara lain :

  • Antimikroba sebagai contoh : cetylpyridinium chloride, chlorhexidine, sanguinarine, phenolic compounds). Obat kumur dengan jenis ini membantu untuk mengurangi jumlah bakteri yang berada didalam rongga mulut.
  • Deodorizing dan oxidizing agents sebagai conotoh : sodium bicarbonate dan chlorine dioxide, kandungan bahan jenis ini membantu menutupi dan menetralkan bau mulut.
  • Oxygenating agents (sebagai contoh : hydrogen peroxide). Membantu untuk membunuh kuman anaerob yang tidak senang dengan oksigen , bahan ini memberikan oksigenasi pada tempat yang terdapat kuman antioksigen tersebut.
  • Fluoride. Memperkuat dan mencegah kerusakan gigi.
  • Astringents (sebagai contoh : citric acid, zinc chloride). Bahan ini memberikan rasa yang enak dan mengerutkan jaringan rongga mulut.
  • Bahan penghilang nyeri( anodynes). Obat kumur ini memberikan penghilang nyeri bila diaplikasikan pada mulut.


  • Buffering agents. Bahan ini menghilangkan nyeri pada jaringan lunak rongga mulut dan memecah lapisan yang terbentuk pada rongga mulut.
  • Antitartar (e.g., zinc citrate) agents.
Menghilangkan tartar yang terbentuk didalam rongga mulut.Bahan yang bersifat tidak aktif berfungsi untuk melarutkan bahan aktif yang tersebut diatas dan mempertahankan kandungan bahan aktifnya, sebagai contoh alkohol, sebagaian besar obat kumur mengandung alkohol ini sebagai bahan yang tidak aktif.

Smoker's mouthwashes, obat kumur untuk perokok akan memecah dan menghilangkan stain tembahan atau juga tembakaunya sendiri yang menempel pada gigi.

Obat kumur biasanya juga bersamaan dengan campuran bahan glycerin (oil), dan bahan yang mengandung garam sodium lauryl sulfate and sodium benzoate didalam alkohol dan cairan yang berbahan dasar air.

Beberapa obat kumur mengandung baking soda sebagai bahan abrasive alamiah untuk menghilangkan stain,

Bagaimana memakai obat kumur?
Beberapa obat kumur sebaiknya digunakan setelah menyikat gigi. Oleh karena bila dipergunakan sebelum menyikat gigi, sikat gigi akan menghilangkan bahan yang terkandung didalam obat kumur.
Kumur kumurlah selama lebih kurang 30 detik, kemudian muntahkan, jangan ditelan !!!!

Biasanya dokter gigi menganjurkan penggunaan obat kumur yang mengandung fluoride sesering mungkin, tetapi sebaliknya obat kumur yangmengandung bahan aktif seperti antiseptik sebaiknya tidak dipergunakan terlalu sering bila tidak terdapat kelainan yang serius yang terdapat didalam rongga mulut.

Efek samping obat kumur dan hal hal yang perlu untuk diperhatikan :

pada umumnya obat kumur aman untuk dipakai, tetapi beberpaa diantaranya menyebabkan efek samping bagi pemakainya ,Beberapa obat kumur mengandung alkohol yang lumayan tinggi. Pemakaian obatkumur dengan kandungan alkohol yang tinggi menyebabkan sensasi seperti terbakar dalam mulut.

Alkohol dalam obat kumur menyebabkan juga terjadinya mulut yang terasa kering, yang menyebabkan seseorang menjadi lebih beresiko untuk terkena kerusakan pada gigi, juga beberapa penelitian juga menunjukkan kecenderungan terjadinya kanker bila menggunakan obat kumur jenis ini bila tanpa dilakukan perencanaan yang tepat.

Tetapi penelitian tentang hal ini masih terus dilakukan.

Pengunaan yang berlebihan dari antiseptik obat kumur akan merusak keseimbangan bakteri dalam mulut dan hal ini bisa menyebabkan kelainan yang disebut dengan black hairy tongue ( lidah berambut )

efek samping obat kumur antara lain sebagai berikut :

  • Memberikan pewarnaan yang tidak baik pada gigi maupun pada gigi tiruan atau restorasi geligi lainnya.
  • Gangguan indera perasa.
  • Terbentuknya tartar didalam gigi
  • Iritasi pada mulut dan lidah
  • erosi mukosa
  • Retensi sodium
  • Kelenjar membesar pada kedua sisi wajah atau leher
  • Rasa ngilu pada akar gigi
  • ulkus atau luka pada mulut.

Obat kumur yang tertelan bisa menyebabkan efek samping yang serius yang membutuhkan perawatan kegawat daruratan,

Beberapa produk obat kumur mengandung alkohol yang bisa menyebabkan kematian bila terlalu banyak tertelan oleh anak kecil.

Beberapa obat kumur juga mengandung fluoride yang akan juga memicu terjadinya keracunan bila tertelan.

Gejala keracunan obat kumur antara lain :

  • Breathing problems,seperti nafas yang dalam dan cepat
  • Masalah pada pencernaan, seperti nyeri abdominal , diare,muntah
  • Masalah sistem saraf :seperti koma,
  • Kulit kebiruan pada bibir dan kuku
  • Collapse.
  • kejang.
  • Hipotensi.
  • menurunnya produksi air kencing
  • keringan berlebihan
  • haus yang sangat
  • tidak bisa berjalan seperti normal ( sempoyongan ).
Semoga ini menjadikan bahan pertimbangan untuk anda guna memilih obat kumur sebagai bagian dari gaya hidup anda.


ooOOoo




pertanyaan :

  1. mengapa penggunaan obat kumur yang mengandung antiseptik tidak boleh sering dilakukan
  2. Kapan dan bilamana obat kumur dipakai
  3. Cukupkah kita sikat gigi tanpa menggunakan obat kumur
  4. Apakah obat kumur bisa merusak indera pengecapan pada lidah ?
  5. Obat kumur bisa merusak keseimbangan bakteri rongga mulut, bakteri yang bagaimana ?
  6. Bagaimana tips memilih obat kumur yang baik


11 komentar:

Anonim mengatakan...

Dear Drg. Dondy,
Jika sedang hamil, obat kumur apa yg bisa digunakan? Kebetulan saya baru dibuka tambalan gigi krn nyeri, dan menunggu seminggu utk ditambal lagi. Saya beli obat kumur "B" tanpa setahu drg saya, ketika akan saya gunakan ternyata ada kontraindikasi utk ibu hamil.
Menurut dokter, apa yg seharusnya saya lakukan? Terima kasih utk jawabannya.

Anonim mengatakan...

ass d0k..
saia mahasiswa fkg yang juga magang jadi prnyiar di salah satu radio pendidikan-di luar fakultas-.
kebetulan hari ni saia siaran trntang obat kumur dalam rubrik 'healthy'.jadi terus terang postingan ini sangat membantu,,
moga2 suatu saat nanti saia bisa menjadi seprti dktre..
maturnuwun...

freefun0616 mengatakan...

酒店經紀人,
菲梵酒店經紀,
酒店經紀,
禮服酒店上班,
酒店小姐兼職,
便服酒店經紀,
酒店打工經紀,
制服酒店工作,
專業酒店經紀,
合法酒店經紀,
酒店暑假打工,
酒店寒假打工,
酒店經紀人,
菲梵酒店經紀,
酒店經紀,
禮服酒店上班,
酒店經紀人,
菲梵酒店經紀,
酒店經紀,
禮服酒店上班,
酒店小姐兼職,
便服酒店工作,
酒店打工經紀,
制服酒店經紀,
專業酒店經紀,
合法酒店經紀,
酒店暑假打工,
酒店寒假打工,
酒店經紀人,
菲梵酒店經紀,
酒店經紀,
禮服酒店上班,
酒店小姐兼職,
便服酒店工作,
酒店打工經紀,
制服酒店經紀,
酒店經紀,

,酒店,

DONDY mengatakan...

untuk ibu yang sedang hamil, jangan menggunakan sesuatu hal diluar pengetahuan dokter, yang dilakukan ibu tentu saja kembali ke dokter gigi untuk konsultasi lebih lanjut, dan pemakaian obat kumur untuk gigi nyeri adalah tidak efektif.

Mas calon dokter gigi yang juga penyiar (seperti saya hehe..)
ma kasih kunjungan ke blog saya, silahkan ambil bahan yang anda butuhkan di sini, bila kopi paste harap cantumkan sumbernya.
trims, sukses selalu.

rere worlds blog mengatakan...

makasih dok atas info nya, ini semua gara2 gigi saya yg pada bolong2...makanya bauk banget ne mulut...kurang sikat gigi mungkin dok ya...^_^..

Anonim mengatakan...

ass,,
emm.. saya mahasiswi fkg dok,, mw tanya.. knp kandungan antiseptik bs menyebabkan black hairy tongue?? setau saya yng pernah saya baca hairy tongue bs d sebabkan rokok..
trus kandungan anti tartar obat kumur bs menghilangkan tartar,, tp kenapa pd efek samping d cantumkan obat kumur bisa menyebabkan tartar pd gigi??
tolong penjelasannya dok..
terimakasih..

Dondy Setyawan,drg. mengatakan...

tar tar adalah efek dari sisa pembakaran rokok dan tidak ada hubungannya dnegan obat kumur, pada beberapa obat kumur seperti chlorhexidine bisa menyebabkan stain atau pewarnaan pada gigi , mungkin ini yang kamu sebut dngan tar tar ? bila perlu konsultasi lebih lanjut silahkan telpon saya langsung di 081 23456 654, trimakasih...

Dondy Setyawan,drg. mengatakan...

tar tar adalah efek dari sisa pembakaran rokok dan tidak ada hubungannya dnegan obat kumur, pada beberapa obat kumur seperti chlorhexidine bisa menyebabkan stain atau pewarnaan pada gigi , mungkin ini yang kamu sebut dngan tar tar ? bila perlu konsultasi lebih lanjut silahkan telpon saya langsung di 081 23456 654, trimakasih...

Anonim mengatakan...

Asslmu'alaikum
nama saya nisa,berusia 25th. gigi geraham 3 (gigi bungsu) baru tumbuh di bawah bagian kiri, tumbuhnya agak kurang sempurna kearah depan, pada awalnya gusi saya terasa ngilu dan susah untuk menelan, kata drg yang saya datangi "dirawat aja dengan meminum antibiotik n berkumur2 dengan obat kumur sebelum dan sesudah bangun tidur", sekarang resep antibiotiknya sudah habis dan giginya sudah tidak sakit lg, cuma yang masih saya rasakan adalah rasa sakit di pangkal dilidah, klo saya lihat dicermin, pangkal lidah or dinding didekatnya berwarna putih. dan serasa ada benjolan didalam leher dibawah rahang kiri yang membuat saya terbatas untuk mengerakkan kepala.
yang ingin saya tanyakan:
1. apakah ini berarti obat kumurnya tidak cocok untuk saya sehingga menyebabkan infeksi? ataukah sakit tersebut masih merupakan dampak yang ditimbulkan oleh gigi bungsu?
3. perlukah saya meminum obat ant septik lg, kira2 obat apa ya? soalnya saya lupa nama obatnya. :)
2. haruskah gigi bungsu saya dicabut?
terimakasih atas penjelasannya.
wassalam

annisa mengatakan...

Assalamu'alaikum
dear dokter,
saya berusia 25th, saat ini gigi bungsu saya baru tumbuh, posisinya agak keluar dari posisi gigi lainnya, tumbuh disamping ke dekat pipi,terasa sakit di gusi sampai ketelinga dan susah menelan, kata drg yang saya datangi "dirawat saja dengan minum antibiotik dan berkumur sebelum dan sesudah bangun tidur dengan obat kumur", sekarang obat anti biotiknya sudah habis, dan rasa sakit giginya tak terasa lagi, cuma yang saya rasakan saat ini adalah rasa sakit di pangkal lidah, lidah susah digerakkan kesebelah kiri, kalau dilihat dicermin seperti ada warna putih disamping pangkal lidah atau di jaringan dekat lidah tersebut, dan di tenggorokan saya terasa ada bejolan dibawah rahang.
yang ingin saya tanyakan:
1. apakah ini efek samping dari obat kumur yang saya pakai, ataukah ini masih gejala yg disebabkan oleh gigi bungsu?
2. haruskah saya meminum obat antibiotik lagi, apa nama obatnya? saya lupa nama obat yang saya minum karena bungkusnya sudah dibuang, :(
3. haruskah gigi bungsu saya dicabut? apa efeknya kalau gigi saya tidak dicabut?
terima kasih banyak atas penjelasan dokter.
wassalam

Dondy Setyawan,drg. mengatakan...

sebaknya kalau gigibungsu terus mengganggu memang dilakukan odontektomi atau pengambilan secara bedah ringan karena selamanya akan terus mengganggu dan minum antibiotika untuk menselesaikan amsalahmu adalah tdak benar, jadi sumber gigi miringnya itu yang harus dilakukan terapikarena obat2 an yang kamu minum itu hanya bersifat sementara. efek obat kuur bisa juga menyebabkan chemical burn atau jaringan lunak yang rusak yang penampakannya putih seperti yang kamu rasakan, penggunaannya jangan terlalu berlebihan, bila ingin konsultasi lebih lanjut silahkan telp saya atau sms ke 081 23456 654, trimakasih.smoga cepat sembuh.