Selasa, 08 Juli 2008

penyakit periodontal pada penderita kencing manis

Pendahuluan
Penyakit periodontal adalah kelompok lesi yang mengenai jaringan di sekitar dan penyangga gigi geligi pada rongganya.
Penyakit ini secara umum dikelompokkan menjadi ginggivitis adan periodontitis. Prevalensi penyakit ini cukup tinggi di masyarakat.
Penyakit periodontal merupakan penyebab utama hilangnya gigi pada orang dewasa.

Etiologi penyakit periodontal
Penyakit ini berhubungan dengan mikroorganisme dan produk-produknya yang ditemukan pada plak supra dan sub ginggiva, kemudian juga restorasi yang menggantung atau overhangging sehingga hal ini menimbulkan impaksi makanan, faktor sistemik bisa mengubah respon jaringan terhadap bakteri, sehingga bisa mempengaruhi keparahan periodontitis, tetapi ia tidak memulai respon inflamasi atau keradangan.

Peranan penyakit diabetes pada penyakit periodontal
Manifestasi jaringan periodontal dari penyakit sistemik bervarisi tergantung penyakit spesifik, respon individual dan faktor lokal yang ada. Faktor sistemik terlibat dalam penyakit periodontal dengan saling berhubungan dengan faktor lokal. Faktor sistemik saja tidak bisa menyebabkan respon keradangan pada penyakit periodontal,tetapi harus ada faktor lokal yang mendukung.
Pada pasien kencing manis, bila faktor lokal pada riongga mulutnya buruk, akan bisa menyebabkan gangguan yang lebih lanjut lagi, oleh karena seorang dengan kencing manis mempunyai kelainan pada sistemiknya.

Patogenesa diabetes pada penyakit periodontal.
Pasien dengan kencing manis mempunayi resiko terhadap penyakuit periodontal dini dengan cara:
1.Perubahan vaskuler. Terjadi penebalan membrana basalis pada dinding vaskuler sehingga akan mengurangi migrasi leukosit, difusi oksigen dan elkiminasi sampah metabolit.
2.Perubahan mikroflora, à daerah sulkus ginggiva akan tercipta lingkungan yang baik untuk perkembang biakan penyakit periodontitis ini.
3. disfungsi neutrofil. Terjadi depresi kemotaksis maupun fagositosis dalam respon imune.

Tips pencegah penyakit periodontal pada pasien dengan diabetes
- Jaga lingkungan rongga mulut anda,
- Bersihkan karang gigi / scaling teratur 6 bulan sekali
- Perhatikan pola diet, olahraga teratur
- Cek gula darah
Pertanyaan ? contack me. 0334-7709898