Jumat, 25 Juli 2008

PENYAKIT GINJAL KRONIS


Penyakit kronis pada ginjal merupakan kondisi dimana ginjal anda menjadi rusak dan menurunnya kemampuan untuk menjaga kebugaran anda selama anda melakukan aktifitas.. Bila penyakit ginjal menjadi lebih parah,sampah dari tubuh yang terbentuk akan seemikian tingginya levelnya didalam darah dan akan membuat anda menjadi sakit.Kemungkinan anda bisa juga mempunyai komplikasi seperti tekanan darah tinggi, anemia (low blood count), tulang yang melemah,kesehatan nutrisi yang buruk/gizi buruk dan kerusakan pada sarat. Juga, penyakit ginjal menaikkan resiko meningkatnya penyakit pembuluh darah dan jantung. Masalah ini kemungkinan terjadi secara perlahan-lahan selama perioda waktu. Penyakit ginjal kronis kemungkinan juga disebabkan oleh diabetes,tekanan darah tinggi,dan gangguan penyakit lainnya.Deteksi awal dan perawatan yang memadai bisa memperbaiki kondisi ini.Bila penyakit ginjal ini melanjut,akan memicu terjadinya gagal ginjal, yang nantinya membutuhkan dialisis atau cuci darah.Atau bisa juga diperlukan transplantasi organ ginjal untuk mempertahankan kelangsungan hidup .

Penyebab utama penyakit ginjal antarta lain tekanan darah tinggi dan kencing manis.Kencing ,manis terjadi bila level gula darah anda tinggi, yang bisa menyebabkan kerusakan beberapa organ didalam tubuh,termasuk ginjal dan jantung, juga pembuluh darah,saraf dan mata. Pada Tekanan darah tinggi, tekanan darah paad dinding pembuluh darah meningkat.Bila tidak terkontrol,atau kurang terkontrol,tekanan darah tinggi bisa memicu serangan jantung, stroke dan penyakit gagal ginjal kronis.
Beberapa gelala gagal ginjal antara lain:
- merasa sering lelah dan merasa kurang mempunyai energi.
- kesulitan dalam berkonsentrasi.
- nafsu makan yang buruk
- kesulitan dalam tidur.
- sering mengalami kram atau kejang otot diwaktu malam.
- kaki dan mata kaki bengkak.
- Kelopak mata hitam. terutama ketika pagi bangun tidur.
- kulit yang kering dan sering gatal.
- lebih sering kencing terutama di waktu malam..

Semua orang mempunyai resiko terkena penyakit ini, tetapi yang lebih beresiko tinggi adalah :
seseorang yang,...

*- menderita diabetes
*- punya tekanan darah tinggi.
*- mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit gagal ginjal .
*- usia tua

Bagaimana kerja dari ginjal?
Ginjal merupakan suatu organ yang membuang sampah dan cairan yang tidak diperlukan tubuh, beberapa kerja dari ginjal yang penting adalah :

* mengatur air didalam tubuh dan bahan bahan kimia lainnya didalam darah seperti:sodium, potassium, pospor dan kalsium.
* Menghilangkan obat dan racun yang masuk ke tubuh.
* Mengeluarkan hormon ke dalam darah untuk membantu tubuh dalam hal...
1.Mengatur tekanan darah.
2. Membuat sel darah merah. 3. membantu menguatkan tulang.

semoga artikel ini bermanfaat.Anda ingin chat/berbincang dengan saya?.silahkan saya di add di yahoo massenger anda.terimakasih.i am waiting.