Rabu, 16 Desember 2009

dhe : bahaya gigi berlubang dan penyebab tumor

dhe dok, apa bahaya gigi yg berlubang dah lebar (tp g sakit)kl tdk segera di tambal??apa penyebab tumor rahang mulut?bgm cr mencegahnya?thks

hi dhe..
tentu saja kalau gigi berlubang besar akan bisa menyebabkan bau mulut dan
bila dibiarkan gigi tersebut bisa pecah karena tidak kuat menahan daya kunyah, bila sudah pecah perawatan lebih kompelks lagi atau bahkan tidak bisa dilakukan perawatan dan haruslah dilakukan pencabutan,
jadi sebelum keadaan gigi dhe bertambah parah sebaiknya cepat2 ke drg untuk dilakukan perawatan yang sesuai dengan gigi dhe.

Tumor rahang banyak disebabkan oleh keadaan yang sepele yaitu karena adany
a akar gigi yang dibiarkan saja, keadaan ini sering terjadi pada tumor jenis ameloblastoma, gambar disamping kanan adalah salah satu penampakan orang dengan ameloblastoma.







Yang sering terjadi bila gigi rusak dibiarkan ajah adalah menyebabkan Kista rongga mulut. Gambar dibawah ini adalah kista rongga mulut ( foto rontgen )



oke dhe segera hubungi dokter gigi terdekat di tempatmu....gak usah takut ke drg...drg yang berpengalaman dan mempunyai alat yang komplit tidak akan menyakitimu apapun perawatan yang dilakukan oleh dia.

cara untuk menghindari semua kelainan di rongga mulut sangat gampang dhe, tentu saja jangan biarkan rongga mulutmu mempunyai kelainan.Bersihkan akar2 gigi yang mungkin kamu punyai, tambal gigimu yang bolong, bersihkan karang gigi dan sebagainya.

Konsultasikan perawatan pencegahan ini ke drg mu, dia akan mengetahui kebutuhan perawatan preventif yang musti dilakukan.

oke have anice day..keep your smiling health....

3 komentar:

cimulyaya mengatakan...

senin kemarin saya ke dokter gigi untuk mencabut salah satu gigi saya yang memang sudah berlubang parah...
ketika gigi tsb telah dicabut ternyata saya lihat ada seperti daging kecil tumbuh menempel pada gigi.. kata dokter saya, itu adalah tumor.. apakah benar itu yang dinamakan tumor ameloblastoma??
terima kasih, dok.. :)

Anonim mengatakan...

ass dok ...
saya mau nanya... apakah ada hubungan gigi berlubang dengan penyakit d kuli, baik itu berupa rasa gatal atau y lainnya,,,
trma kasih...

Dondy Setyawan,drg. mengatakan...

hehehe...maaf jangan terlalu kwatir tentang keadaan anda,, yang anda sebutkan tadi namanya pulpa polip , itu tidak berbahaya kok...bukan ameloblastoma atau kanker jenis lain...