Minggu, 20 Desember 2009

(untuk teman sejawat ) :menjadi dokter ( gigi ) yang dicintai pasien


ini artikel tentang pengalaman pribadi saya selama selama sepuluh tahun menekuni dunia kedokteran gigi, tips tentang bagaimana menjadi professional ( dokter ) yang disukai pasien .
Semoga bermanfaat
  1. Aspek yang paling penting bagi kita sebagai dokter adalah kita harus selalu meng upgrade ilmu kita , baik pengetahuan tehnik medis dan teoritis lainnya. Rajinlah mengikuti seminar yang diadakan, jangan hanya ingin mendapatkan SKP ajah yah guys...Selalu lah mempunyai motivasi untuk meningkatkan kualitas diri sendiri
  2. Aspek komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Kita haruslah pandai melihat status seseorang, status sosial seseorang menentukan tingkat pendidikan; walaupun tidak selalu demikian, tetapi sebagian besar seperti itu. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, cara kita menjelaskan haruslah sesuai dengan tingkatan intelegensia mereka, dan demikian pula sebaliknya, jadi jangan menjelaskan dengan kata2 yang sulit untuk pasien anda yang mempunyai tingkat intelegensia rata2 atau ; sebaliknya; menjelaskan dengan bahasa yang sangat sederhana bagi pasien anda yang mempunyai intelegensia tinggi.
  3. Jangan Sok Tahu, sok Pedhe,sok mampu mengobati semua kelainan. Ingatlah selalu kita sebagai manusia hanya merupakan kepanjangan tangan dariNya, maka jangan janjikan ekspetasi yang berlebihan pada pasien2 anda, bukan kita yang menyembuhkan mereka, allah yang menyembuhkan mereka, kita hanya perantara.
  4. Cepat, cerdas, tangkas dalam bekerja. ini berhubungan dengan jam terbang kita sebagai professional, semakin cepat ,benar dan tangkas kita bekerja, akan memotong waktu tunggu pasien, pasien akan merasa nyaman. Ingat pekerjaan kita penuh dengan tindakan, dan rata2 tindakan membutuhkan waktu yang lama, selalulah berusaha untuk membuat tindakan kita selesai dengan cepat dan bagus hasilnya, hal ini berlalu untuk anda yang mempunyai pasien yang lumayan banyak. Tetapi jangan lupakan meski anda mempunyai banyak pasien, selalulah untuk berkomunikasi dengan mereka, diluar masalah medis, jangan berlakukan pasien sebagai obyek tapi jadian dia sebagai subyek, melakukan terapi secara holistik. Jangan punya prinsip KEJAR SETORAN...!!!
  5. Lengkapi instrumen anda. Intrumen yang lengkap akan membuat pasien anda merasa nyaman, tentu saja hal ini sesuaikan dengan demand atau kasus apa yang sering anda hadapi, tak usahlah kita melengkapi dengan peralatan yang belum tentu dipergunakan. Tap kalau budget anda banyak, so gak apa2lah anda lengkapi fasilitas klinik anda, bagi yang duit cekak perhatikan saja kasus terbanyak yang anda sering tangani, kemudian sesuaikan dengan budget duit di kantong.its simple guys....
  6. Sabar. Berusahalah untuk sabar menghadapi berbagai jenis pasien, se bethe apapun anda. Jangan bawa masalah pribadi ke tempat kerja.
Bagaimana ? ada tanggapan dari teman2 sejawat ?

Tidak ada komentar: