Selasa, 15 Desember 2009

oz : gigi setelah ditumpat kok lepas ?


oz "dok, sy mau ty dl gigi geraham bwh sy berlobang dan ditambal tp selang 7 bln tambalan lepas, ktnya dl blm di crown, bahaya tdk y?"


jawab :

hi oz...
Kuat atau lemahnya tambalan ( filling/tumpatan ) pada gigi tergantung dari posisi gigi yang ditumpat, jenis bahan yang dipakai dan sisa jaringan gigi yang sehat.

Bila gigi mu pernah ditambal dan kemudia lepas terlalu cepat , sepertinya ada yang salah dengan gigi atau bisa juga dengan bahan tumpatan itu sendiri.

Gigi yang mempunyai karies/ lubang gigi terlalu besar dengan sisa jaringan gigi sehat hanya sedikit, tidak ideal untuk dilakukan penumpatan,
memang benar sebaiknya gigi dengan kondisi demikian dibuatkan mahkota selungkup atau crown.

Gigi dengan lubang atau karies yang besar memang sebaiknya cepat2 ditumpat karena gigi dengan jenis ini bisa pecah kalau terkena makanan yang keras. Dan ingat gigi yang berlubang bisa juga menyebabkan bau mulut/ halitosis.

Sifat dari crown ini adalah ia akan menyelingkupi gigi secara keseluruhan, jadi ia mempunyai retensi atau tempat berpegangan pada gigi sedemikian kuatnya sehingga insiden terlepasnya bahan tumpatan tidak akan terjadi lagi.

Oke oz, demikian keterangan singkat dari saya, semoga bermanfaat.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih atas jawaban yg diberikan, tp sy mau ty lg, bgm sih sbnarnya proses penambalan gigi, coz dl pas gigi sy di tambal sy hrs melalui hampir 3 kali proses, sy krg tahu detailnya tp sy ingat ada proses pasang pasak apakah setiap gigi berlubang (mesti kecil) prosesnya sama?thanks

DONDY mengatakan...

kalau gigi anda diapsang pasak berarti daya retensi atau daya rekat tambalan ke gigi disangsikan oleh drg anda, yang kemungkinan gigi tersebut rapuh, sehingga perlu dibuatkan retensi/ pegangan tambahan ke akar gigi.
Perawatan yang sudah dilakukan oleh drg anda sudah tepat sekali sesuai dengan protap yang harus dikerjakan.
lubang gigi tidak mutlak dibuatkan pasak, bila daya lekat tambalan gigi diperkirakan bagus, maka drg tidak akan membuat pasak pada gigi anda
trims,,, semoga bermanfaat jawaban saya....