Minggu, 03 Mei 2009

untuk dokter gigi : Hasil seminar di hotel Hyatt ( hotel bumi ) Surabaya : 2-3 mei 2009 'kiat sukses dokter gigi '





Di seminar yang saya hadiri kali ini membahas tentang kiat sukses dokter gigi, dijelaskan pada seminar tersebut bahwa kiat sukses adalah beberapa hal berikut ini .


1. Kenal potensi diri anda. Anda harus bisa memberikan sesuatu yang lain kepada kustomer ( pasien anda.. apa yang anda bisa tawarkan, dokter boleh sama tetapi anda harus mempunyai kekhususan sendiri

2. Tumbuhkan rasa emphaty . Buat kesan pertama yang menggoda, maksudnya jaga penampilan anda, cara berpakaian, bertutur yang santun, sikap yang hangat ke pasien dan lain lain , juga diperlukan management komunikasi yang baik, jadi kenapa dalam kurikulum kedokteran gigi ditaruh ilmu komunikasi diawal semester hal ini adalah untuk memberikan kterampilan komunikasi yang baik kepada pasien, sehingga bisa mengurangi gap miskomunikasi yang mungkin timbul.

3. hitung cost unit sesuai dengan keadaan anda. Maksudnya tarip anda tergantung dengan semua kelengkapan fasilitas alat bahan yang anda punyai

4. tentukan segmen mana yang anda bidik, hal ini mempengaruhi kualitas alat bahan dan sebagainya.

5. Juga yang menjadikan polemik adalah : apakah dokter gigi praktek itu sosial ataukah business ??? bahkan sempat pula antara moderator dan penyaji saling beragumen...hadeww...si narasumebr mengatakan bahwa praktek dokter adalah Bisnis..karena bagaimanapun pula si dokter mendapatkan income dari sana..sedangkan moderator menyatakana bahwa itu bukan bisnis, tetapi jasa yang wajar diterima. ( dimana bedanya yah ? )

Dan disebutkan oleh dr.Ario jatmiko, pakar bedah onkologi, yang membedakan dokter dengan businessman adalah : hatinya

Jadi sebenarnya mutlah seorang dokter harus mempunyai ilmu manajerial yang baik guna mengelola prakteknya.

Bidang Konservasi :
membahas tentang permainan warna pada tumpatan terutama anterior pada proses pembuatan veneer.

Warna pada gigi mempunyai pola yangberlainan antara bodi incisal servical dan sebagainya, hal ini lah yang harus kita pahami bila kita ingin memberikan warna yang senatural mungkin, terutama pada pembuatan veneer yang membutuhkan trascluency warna yang sangat bagus.

Bahkan dianjurkan pula bila dilakukan pengasahan bidan incisal perlu dibuatkan mamelon dan dibuat cukup dua cekungan saja untuk memberikan kesan natural pada gigi.

Dalam bidang etsa yang sekarang tersedia single etsa ( bonding dan etsa sekali jalan ), metode ini termasuk partial etsa. yang terbukti etsa yangbaik perlekatannya sebenarnya adalah metoda etsa dengan full etsa , yaitu cara konventional dengan menggunakan cairan asam dan bonding yang terpisah, justru cara kuno inilah yang terbukti mempunya perlekatan yang lebih baik.

Bidang perijinan dokter gigi

Harap diperhatikan bahwah perpanjangan ijin praktek drg harus mempunyai STR ( surat tanda registrasi ?
untuk drg lulusan lama harus mengumpulkan 30 skp yang dperoleh selama lima tahun. dengan perincian 21 skp dari murni disiplin ilmu, sisanya 9 skp dari baksos/karya ilmiah atau dari seminar lain2 yang menunjang disiplin ilmu kedokteran gigi.

untuk drg lulusan baru harus menjalani uji kompetensi dulu pada Perguruan tinggi yang dtunjuk oleh konsul kedokteran gigi indonesia.

Bidang endodontik
Menerangkan tentang perforasi pada foramen apikalis. Bila hal ini terjadi pendarahan harus dihentikan dulu dengan pemberian vasokonstriktor, setelah kering bisa diberikan pasta calcium hidroksida pada saluran akarnya guna merangsang pembentukan bridge dentin yang baru.

Demikian beberapa bahan dalam seminar yang memakan waktu selama 2 hari tersebut.


any comment ? tulis di shoutmix chat box sebelah kiri blog ini.


oooOOOooo