Senin, 09 Maret 2009

Rika : operasi kista dan sariawan paska scaling

  • Rika ( 1 )Boleh/tdk drg bkn spesialis Bedah Mulut melakukan operasi kista gigi?

  • (2)Stlh scaling & tambal gigi muncul sariawan byk sekali di mulut. Kenapa ya Dok? Trims
jawab : halo rika,
mengenai pertanyaannya, begini nih :
kalau pendidikan saya di kedokteran gigi airlangga surabaya ( saya angkatan 1991), masih diperbolehkan asal kista tersebut bukan kista mayor atau yang besar dan melibatkan struktur yang vital, kalau hanya sebatas lokal satu atau dua gigi dan tidak melibatkan struktur yang vital masih diperbolehkan, tetapi kalau kista tersebut berukuran besar degan melibatkan struktur yang penting dan terjadi pada pasien2 yang beresiko seperti pasien dengan diabetes, pasien usia muda dan sebagainya harus dilakukan oleh seorang bedah mulut dan disiplin ilmu lainnya yang berhubungan dengan jalannya operasi nanti. Operasi kista bukanlah operasi yang rumit, tetapi keadaan umum pasienlah yang membuat operasi kista ini harus dilakukan dengan hati-2.

Sariawan atau ulser timbul setelah scaling ( pembersihan karang gigi ) atau penumpatan ( tambal gigi ) bisa terjadi karena :

1. Alergi terhadap bahan tumpatan atau bahan yang dipakai untuk scaling ( misal bahan pelunak karang gigi )--> disebut juga dengan stomatitis alergica.
2. Karena luka yang ditimbulkan oleh alat scaler, bisa juga luka yang ditimbulkan oleh bur gigi

oke rika, moga2 bermanfaat ulasan singkat ini.