Minggu, 08 Maret 2009


lina makasi sblumnya,dok,apa (1 )pengaruh baking soda pada kalkulus?(2)kalau pakai pasta gigi mengandung baking soda, apakah bisa menghilangkan kalkulus?(3) dok,apa penyebab kalkulus? dan (4) mengapa kalkulus banyak terbentuk di lingual gigi anterior rahang bawah dan bukal gigi posterior rahang atas? trims...

jawab: hadewww..lina nih borongan pertanyaannya hehe..oke saya jawab:
(1). Baking soda tidak berpengaruh banyak terhadap kalkulus, karena kalkulus atau karang gigi merupakan massa yang padat yang sangat melekat erat pada struktur gigi, pembersihannya hanya oleh dokter gigi menggunakan alat khusus yang disebut dengan scaler.


(2) baking soda tidak bisa menghilangkan kalkulus.

(3). Penyebab kalkulus merupakan interaksi dari beberapa elemen yaitu bakteri rongga mulut, air liur/saliva , makanan dan elemen-2 pada saliva, kecepatan pertumbuhan kalkulus pada tiap2 orang tidak sama tergantung dari kepekatan air liur.


(4) tempat 2 yang kamu sebutkan tadi merupakan muara atau jalan keluar pertama kali dari saliva yang keluar dari ductus salivarius atau kelenjar air liur, sehingga elemen2 dari saliva pertama kali berkontak dengan gigi didaerah sana.


tambahan :
baking soda tidak bermakna manghambat karies, tidak ada bahan atau obat yang bisa menghambat karies sampai dengan sekarang

baking soda tidak berbahaya, karena pabrikan sudah menakar ukuran baking soda yang dimasukkan ke pasta gigi.


Lina nih kayaknya mahasiswa kedokteran gigi yah? kok tahu lingual segala ? hehe.. oke lina have anice day.....