Selasa, 07 Oktober 2008

lidah berambut ???



lidah yang berambut ( hairy tongue), merupakan suatu kelainan pada lidah, permukaan lidah akan nampak gelap dan berambut, kelihatannya hal ini memang menakutkan, tetapi keadaan ini merupakan kelainan yang bersifat jinak, yang kadangkala bisa hilang dengan sendirinya. Kelainan ini ini berhubungan dengan pemakaian antibiotika yang sembarangan atau merupakan salah satu efek samping dari antibiotika. Sampai sekarang penyebab yang pasti belum diketahui.Suatu operasi ringan mungkin diperlukan untuk mencukur rambut pada permukaan lidah , bila kelainan ini menetap dan tidak bisa hilang dengan sendirinya.

Senin, 06 Oktober 2008

kelainan pada lidah : MAKROGLOSIA




Makroglosia adalah bentuk lidah yang tidak normal.Ini adalah pembesaran lidah yang tidak normal.Kelainan ini biasanya bersamaan timbulnya dengan kelainan turunan, sebagai contoh pada kelainan Down's Syndrome.
Pembedahan mungkin diperlukan untuk membetulkan kelainan ini.


Apa itu down syndrome ?


Down syndrome merupakan kelainan kromosom yang dapat dikenal dengan melihat manifestasi klinis yang cukup khas. Kelainan yang berdampak pada keterbelakangan pertumbuhan fisik dan mental anak ini pertama kali dikenal pada tahun 1866 oleh Dr.John Longdon Down. Karena ciri-ciri yang tampak aneh seperti tinggi badan yang relative pendek, kepala mengecil, hidung yang datar menyerupai orang Mongolia maka sering juga dikenal dengan Mongoloid. Pada tahun 1970an para ahli dari Amerika dan Eropa merevisi nama dari kelainan yang terjadi pada anak tersebut dengan merujuk penemu pertama kali syndrome ini dengan istilah Down Syndrome dan hingga kini penyakit ini dikenal dengan istilah yang sama.
Down syndrome merupakan kelainan kromosom yakni terbentuknya kromosom 21 (trisomy 21), Kromosom ini terbentuk akibat kegagalan sepasang kromosom untuk saling memisahkan diri saat terjadi pembelahan. Kelainan yang berdampak pada keterbelakangan pertumbuhan fisik dan mental anak ini pertama kali dikenal pada tahun 1866 oleh Dr.John Longdon Down.
Gejala atau tanda-tanda yang muncul akibat Down syndrome dapat bervariasi mulai dari yang tidak tampak sama sekali, tampak minimal sampai muncul tanda yang khas.
Penderita dengan tanda khas sangat mudah dikenali dengan adanya penampilan fisik yang menonjol berupa bentuk kepala yang relatif kecil dari normal (microchephaly) dengan bagian anteroposterior kepala( bagian kepala dari arah depan ke belakang ) mendatar. Pada bagian wajah biasanya tampak sela hidung yang datar, mulut yang mengecil dan lidah yang menonjol keluar (macroglossia). Seringkali mata menjadi sipit dengan sudut bagian tengah membentuk lipatan (epicanthal folds). Tanda klinis pada bagian tubuh lainnya berupa tangan yang pendek termasuk ruas jari-jarinya serta jarak antara jari pertama dan kedua baik pada tangan maupun kaki melebar.
Sementara itu lapisan kulit biasanya tampak keriput (dermatoglyphics).
Kelainan kromosom ini juga bisa menyebabkan gangguan atau bahkan kerusakan pada sistim organ yang lain.
Karena ciri-ciri yang tampak aneh seperti tinggi badan yang relative pendek, kepala mengecil, hidung yang datar menyerupai orang Mongolia maka sering juga dikenal dengan Mongoloid.
Pada bayi baru lahir kelainan dapat berupa Congenital Heart Disease. kelainan ini yang biasanya berakibat fatal di mana bayi dapat meninggal dengan cepat. Pada sistim pencernaan dapat ditemui kelainan berupa sumbatan pada esophagus (esophageal atresia) atau duodenum (duodenal atresia).
Apabila anak sudah mengalami sumbatan pada organ-organ tersebut biasanya akan diikuti muntah-muntah.
Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kromosom melalui amniocentesis bagi para ibu hamil terutama pada bulan-bulan awal kehamilan. Terlebih lagi ibu hamil yang pernah mempunyai anak dengan Down syndrome atau mereka yang hamil di atas usia 40 tahun harus dengan hati-hati memantau perkembangan janinnya karena mereka memiliki resiko melahirkan anak dengan Down syndrome lebih tinggi.
jadi percayalah pembaca, harta yang paling berharga dan tidak ada duanya adalah KESEHATAN !!!

Sabtu, 04 Oktober 2008

kebiasaan buruk pada gigi: BRUXISM



Apa itu bruxism ?

Bruxism atau mengerot adalah kebiasaan yang tidak sadar atau kebiasaan yang cukup membingungkan yang ditandai dengan penderita yang suka mengasah giginya sendiri,

Mengasah disini berarti saling mempertemukan antara gigi atas dan bawah,seolah olah sedang memakan sesuatu.Penderita bruxism ini sulit untuk mengontrol kelakuannya sendiri.
Kebiasaan ini biasanya terjadi pada waktu tidur malam atau diwaktu tidur siang hari.

Bruxism ini berhubungan dengan stress, dan hal ini umum terjadi.Bruxism mempengaruhi gigi, otot dan sendi dari rahang(Temporomandibular joints), dan penampakan dari wajah juga bisa berubah.

Keausan gigi yang disebabkan oleh bruxism ini lain keadaanya bila dibandingkan dengan keausan gigi karena pemakaian yang normal.



Berikut ini merupakan gejala-gejala dari Bruxism:

Gigi akan nampak aus dan nampak bentuknya menjadi lebih pendek, istilah dari keadaan ini dinamakan dengan ATRISI.
Gigi akan nampak menajdi datar, dan nampak berwarna kekuningan karena strutur dentin pada gigi terlihat.

Bila bruxism tidak dilakukan perawatan, gigi akan terus aus sampai dengan setinggi gusi. Gigi lama kelamaan akan menjadi seperti bongkahan atau selapis tipis mahkota gigi ( enamel ) bila kebiasaan ini berlanjut.
Rasa nyeri mungkin akan dirasakan pada otot dan sendi rahang ketika bangun tidur di waktu pagi.

Pada waktu makan kemungkinan gigi akan terasa nyeri oleh karena gerakan rahang yang terbatas.

Gigi aus yang berlebihan akan menyebabkan posisi rahang menjadi tidak pas yang akan mengakibatkan perubahan dari wajah.
Perubahan dari posisi sudut mulut juga akan mungkin terjadi.
Bruxism juga kemungkinan bisa pula menyebabkan terbentuknya otot rahang yang lebih menonjol.

Apa penyebab bruxism ?


Penyebab utama dari bruxis adalah stress psikologik dan beberapa kondisi medis.
Contoh dari kelainan yang menyebabkan hal ini adalah cerebral palsy.

Bagaimana menyembuhkan bruxism ?

Bruxism membutuhkan perawatan secara psikologis, perawatan gigi dan perawatan medikasi( pemberian obat- obatan ).

Penyembuhan Secara psikologi dan pemberian obat harus dilakukan oleh ahli psikologi, ahli psikiatri dan dokter.
Perubahan dari tingkah laku dari mengerot ini haruslah dilakukan relaksasi melalui pelatihan relaksasi yang memadai.

Perawatan gigi untuk bruxism ini ditujukan langsung untuk mencegah kerusakan lebih lanjut yang parah dan untuk memperbaiki ke ausan dari gigi. .
Perawatan pencegahan bruxism ini menggunakan alat yang disebut nightguard.


Nightguards bisa meminimalkan pengaruh dari bruxism

Alat ini tidak bisa menyembuhkan bruxism,
tetapi alat ini mampu melindungi gigi dari keausan yang diakibatkan oleh bruxism..

Nightguards mencegah gigi atas dan bawah saling meng- grinding satu dengan lainnya.

Semoga sekilas paparan tentang mengerot atau bruxism ini bermanfaat untuk anda yang mengalaminya.


ooOOoo

Jumat, 03 Oktober 2008

Bibir Sumbing ( cleft Lips)



mengenal bibir sumbing


Seseorang anak yang lahir kemungkinan bisa terkena celah atau adanya suatu struktur yang tidak menutup pada bibir dan palatumnya ( langit langit mulut ).
Kondisi seperti ini biasanya merupakan turunan atau congenital. , juga bisa jadi pemberian obat yang dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan ( usia kandungan 1-3 bulan ), dimana obat itu harusnya tidak dkonsumsi untuk ibu yang hamil.( jadi hati-hatilah !!! )
Lebar dari celah ini bervariasi, dan beberapa celah juga bisa melibatkan bibir.
Hasilnya adalah hidung dan mulut akan tergabung menjadi satu kesatuan pada suatu rongga yang sama yang tidak tersekat oleh suatu palatum.
Bayi akan kesulitan untuk makan atau kesulitan berbicara bila ia dewasa kelak. .
suatu malocclusion( maloklusi ) bisa juga terjadi oleh karena kelainan ini, yang akan juga berakibat tidak teraturnya susunan geligi dan pembentukna atau formasi dari rahang.
Terapi dari bibir sumbing ini melibatkan suatu team yang terdiri dari ahli bedah, ahli ortodontia( dokter gigi spesialis ) ,dan terapi bicara, juga diperlukan.
Tingkat keberhasilan dari perawatan ini pada umumnya memberikan hasil yang bagus dan cukup menggembirakan.




0000oooo0000

Selasa, 30 September 2008

untuk Maya- Probolinggo: PENYAKIT SARIAWAN YANG TIDAK MENYEMBUH

tanya:dok,suamiku sakit sariawan dan gak sembuh-sembuh, kata dokter penyakit dalam akibat infeksi pencernaan. Lidah dan mulut hancur putih & berlubang. penyakit apa & obatnya apa dok??:

jawab:oke, makasih mbak maya di probolinggo pertanyaannya, memang benar apa kata dokter internist anda, bahwa penyakit pada rongga mulut merupakan cerminan dari penyakit lain yang letaknya tidak didalam rongga mulut.Itu dinamakan holistic dentistry, jadi kelainan di rongga mulut tidak semata mata dari gigi dan jaringan disekitar rongga mulut itu; seperti paparan saya tentang penyakit pada tangan kuku dan mulut, itu adalah salah satu contoh bahwa penyakit di mulut bukan hanya dari rongga mulut aja.oke ?
Mengenai kasus suami anda, teruskan obat yang diberikan dokter anda, terus anda coba pakai obat kumur, bisa dengan merek bactidol atau tanflex atau tantum verde, kumur setiap enam jam, hindari makanan yang bersifat merangsang dan tajam rasanya. Untuk luka pada gusi atau anda sebut dengan sariawan, coba anda olesi dengan SOLCOSERYL pasta, setiap enam jam diulangi olesannya. Ratakan pada setiap luka .Biasanya kelainan ini akan menyembuh seiring dengan kesembuhan penyakit di pencernaannya.Kalau di kota mbak ada DOKTER GIGI SPESIALIS ORAL MEDICINE, itu adalah bagian dari spesialisasi beliau tentang penyakit dari suami mbak ini, biasanya dibelakang namanya ada gelar SpOm, jadi namanya sebagai, contoh: drg.Maya SpOm, nah kalau ada dokter gigi dengan nama seperti itu, kunjungi saja.tapi diprobolinggo ada apa ndak ya ?Oke ?diatas gambaran tentang obat yang saya maksud, mungkin di Indonesia kemasannya berbeda, tetapi lebih kurang seperti itulah fisik obatnya.Semoga membantu permasalahan dari penyakit suami mbak. salam untuk keluarga, semoga sehat selalu dan bisa makan lagi dengan enak, bisa mencicipi semua masakan,bisa berwisata kuliner dan salam Mak Nyusss......

Senin, 29 September 2008

Terimakasih

Terimakasih para blogger, sudah banyak sekali yang masuk dan mampir ke blog saya, baik yang dari dalam negeri maupun dari luar negeri, untuk sekedar membaca dan kasih komentar. Semoga ilmu yang saya paparkan bermanfaat untuk kita bersama., bila ada kata yang kurang berkenan kiranya untuk dimaafkan. Tanpa anda semua blog ini tidak akan menjadi besar seperti sekarang dan kunjungan anda merupakan motivasi saya untuk menulis dan menulis, baik tentang medical journal maupun diluar itu.Kritikan beserta solusinya dan saran sangat saya harapkan.Terimakasih.Tetap setia, tetap kunjungi blog saya, tetap sehat dan mak...nyussss.....!

Minggu, 28 September 2008

Penyakit pada tangan kaki dan mulut/hand foot and mouth disease (HFM)

hai teman, ada penyakit yang timbulnya ditandai dengan khas, yaitu adanya suatu borok kecil kecil/ulser yang tumbuh hanya pada mulut , kaki dan tangan, apa itu? simak paparan berikut ini....

-------------
Hand Foot and Mouth (HFM) disease yang diterjemahkan sebagai penyakit pada tangan kaki dan mulut, merupakan suatu penyakit infeksi umum yang terjadi pada anak balita. Kemungkinan penyakit ini mengenai anak yang berumur kurang dari 5 tahun.
Gejala yang nampak umumnya adanya ulser atau luka pada mulut(terutama lidah, gusi dan pipi sebelah dalam. Blisters ( bentukan seperti cacar air)juga nampak pada tangan dan kaki, biasanya juga anak menderita demam yang ringan.Gejala yang lainnya adalah binti-bintik atau rash pada pantat anak dan rasa yang tidak nyaman yang terdapat pada mulut sebelah dalam. Gejala ini biasanya lebih kurang 3 sampai 6 hari.
Diagnosa biasanya ditegakkan dengan dasar gejala yang terdapat didalamnya.Diagnosa akan sulit diberilan bila gejala pada anak tidak menunjukkan sesuatu yang spesifik.
Perawatan
Tidak ada perawatan yang spesifik pada penyakit ini., Kecuali pada gejalanya saja, penatalaksanan atau terapi nya meliputi pemberian cairan yang cukup, pengobatan untuk meredakan demam sampai akhirnya penyakit ini menyembuh dengan sendirinya. Pemberian antibiotika tidak perlu, kecuali dirasakan luka telah membesar dan kemungkinan terjadi infeksi sekunder.
Untuk rasa nyeri pada mulut bisa diberikan benadryl, suatu preparat antialergi,dan juga anti nyeri/analgetik untuk mengontrol rasa nyerinya.
Penyebab
Penyebab dari kelainan ini adalah coxsackievirus A16 virus,meskipun beberapa enterovirus yang lain juga menyebabkan kelainan ini. Komplikasi penting yang harus diperhatikan adalah kemungkinan timbulnya dehidrasi, bilaman anak menunjukkan luka/ulser yang parah didalam mulut dan bilamana anak tidak makan dan minum secukupnya.Pada negara dengan 4 musim biasanya penyakit ini terjadi pada musim panas dan musim gugur.

===000OOOooo===

Bila seseorang membenci kita


kamu tidak disukai orang, coba :

1. Bersabar

2.Intropeksi diri

3.Jauhi sementara lingkungan itu

4.Beri musuhmu dengan senyuman sebisa mungkin ( sulit?iya )

5. Selalu positive thinking

6.membalas dengan keburukan, kamu sama jeleknya dengan dia.....!


oke tips dari saya....sulit?iya.tapi dicoba aja... hihihihihi.

god luck......!!!!!!!!!!!

Sabtu, 27 September 2008

pembagian takjil gratis dengan esha Fm crew







Hari ini aku gembira banget karena udah bisa menyenangkan orang lain dengan membagikan takjil gratis buat mereka, aku bersama teman teman radio membuatkan mereka es buah , pelepas dahaga buat pengguna jalan yang kebetulan berada di depan hotel lumajang. Banyak juga yang pengendara yang sepertinya pulang mudik sekembali dari tempat mereka bekerja di kota besar,keliatan dengan ransel dan tas besar yang mereka bawa,juga dengan helm dan jaket khas pengendara motor jarak jauh, dan mereka mendapat sambutan dari kami dengan hangat,welcome to your own town, lumajang, Aku lakukan pembagian ini bersama dengan kru radio esha Fm, radio yang amat sangat aku cintai, juga dengan krue krue radio ini yang muda , semangan dan penuh visi untuk maju ke depan, aku suka liat anak muda seperti mereka, gaul,muda,cakep cantik,penuh wawasan dan selalu memandang hidup dengan optimistik.Anda salah satu diantaranya....?

Kamis, 18 September 2008

Pengaruh buruk tambalan AMALGAM

Lebih dari 100 juta tumpatan amalgam telah diletakkan pada mulut orang amerika tiap tahunnya ,menurut perhimpunan dokter gigi amerika (ADA). Tumpatan amalgam merupakan tumpatan yang paling banyak dipergunakan. Amalgam atau orang umum menyebutnya dengan tambalan timah, sampai sekarang masih dipergunakan di puskesmas-puskesmas di indonesia,
tumpatan atau tambalan amalgam ini mempuyai ciri mengkilap seperti logam bila tambalan ini telah setting atau mengeras.Idealnya tumpatan yang kita pakai jangan menggunakan amalgam lagi. Hal ini dihubungkan dengan insiden tingkat mercuri yang ada didalam darah kita, seperti kita ketahui salah satu komponen dari tumpat amalgam dalam bahan ini menggunakan campuran dengan bahan merkuri.
Pabrik yang mengeluarkan amalgam ini( caulk/dentsply), telah memberikan peringatan kepada dokter gigi tentang hal hal yang poerlu diperhatikan, diantaranya adalah :

1.Tidak meletakkan amalgam bersebelahan dengan restorasi logam
2. Tidak menggunakan amalgam pada pasien yang mempunyai riwayat penyakit defisiensi ginjal yang parah.
3. Tidak meletakkan amalgam pada pasien yang mempunyai riwayat alergi terhadap amalgam.
4. Tidak meletakkan amalgam dibawah restorasi crown metal.
5. tidak menggunakan amalgam pada anak dibawah usia 6 tahun,.
6. Tidak meletakkan amalgam pada wanita yang akan hamil atau sedang hamil.


Dalam hal yang ideal, wanita sebaiknya tidak menggunakan tumpatan amalgam sampai ia mengalami masa menopouse dan tidak menggunakan tumpatan tuang dan tumpatan amalgam bersamaan didalam satu rongga mulut.
Tumpatan amalgam merupakan tumpatan yang bernilai estetis sangat jelek, dan kelihatan amat jelek pada beberapa orang.
Komposisi dari amalgam adalah sebagai berikut:
50% mercury
35% Silver
14% Tin
0.1% Zink
0.3% Copper

yang merupakan polemik efek buruk dari amalgam adalah kandungan dari mercury nya dimana mercuri merupakan bahan yang sangat toxic terhadap sel tubuh, amalgam akan mengalami kontraksi dan ekspansi selama masa pemakaiannya dan kemungkinan akan mengeluarkan bahan merkuri yang terkandung didalam suatu bahan tumpat amalgam. Hal ini bisa dicegah dengan melakukan prosedur triturasi atau penyaringan merkuri ini dengan hati-hati, tetapi siapakah yang menjamin prosedur ini dilakukan dengan sempuran??

Sebaiknya hindari tumpatan dengan menggunakan amalgam !!!!

Rabu, 17 September 2008

GLOSSITIS : keradangan pada lidah




Glositis adalah suatu keradangan pada lidah.Glossitis bisa bisa terjadi akut atau kronis. Penyakit ini juga merupakan kondisi murni dari lidah itu sendiri atau merupakan cerminan dari penyakit tubuh yang penampakannya ada pada lidah. Biasanya kondisi ini bisa menyerang pada semua tingkatan usia. Tetapi nampaknya kelainan ini sering menyerang pada laki- laki dibandingkan pada wanita.Terdapat beberapa penyabab dari glossiti sini, bisa lokal maupun sistemik. Bakteri dan infeksi virus dapat merupakan penyebab lokal dari glossitis. Trauma atau iritasi mekanis dari sesuatu yang terbakar,gigi atau peralatan gigi merupakan penyebab lokal yang lain. Iritasi lokal seperti dari tembakau, alkohol dan makanan yang pedas ataupun makan yang berbumbu dapat juga menciptakan kondisi glossitis ini,Suatu reaksi alergi dari pasta gigi,obat kumur dan bahan bahan lain yang diletakkan di dalam mulut merupakan salah satu penyebab lokal.Glossitis sistemik merupakan hasil dari kelainan nutrisi, penyakit kulit dan infeksi sistemik.Seseorang dengan kekurangan gisi atau malnutrisi atau kurangnya asupan vitamin B dalam dietnya juga menyebablkana glossitis ini terbentuk.Penyakit kulit seperti oral lichen planus, erythema multiforme, aphthous ulcers, and pemphigus vulgaris juga bisa menyebabkan glossitis.Infeksi seperti syphilis and human immunodeficiency virus (HIV) kemungkinan memberikan tanda bahwa glossitis ini merupakan gejala yang pertama kali akan muncul nantinya.KAdangkala penyebab dari glossitis ini adalah keturunan.
Suatu pemeriksaan yang mendalam merupakan hal yang perlu dilakukan guna untuk mendapatkan penyebab dari glossitis ini secara pasti.Kadangkala bila penyebabnya tidak jelas dan tidak ada kemajuan setelah dilakukan perawatan,maka perlu dilakukan biopsi.PAda beberapa kasus,glositis akan menyembuh pada pasien dengan rawat jalan. Kadangkala rawat inap diperlukan bila pembengkakan pada lidah ini membesar dan menghalangi jalannya udara yang kita hisap.
Tanda dan gejala dari glossitis in bervariasi oleh karena penyebab yang bervariasi pula dari kelainan ini, tanda dasar kelainan ini adalah bahwa lidah menjadi berubah warnanya dan terasa nyeri.Warna yang dihasilkan bervariasi dari gelap merah sampai dengan merah terang.
Lidah yang terkena mungkin akan terasa nyeri dan menyebabkan sulitnya untuk mengunyah, menelan atau untuk bercakap cakap. Lidah yang mempunyai kelainan ini permukaannya akan terlihat halus.Terdapat beberapa ulserasi atau borok yang terlihat pada lidah ini.Perawatan dari glosotis ini tergantung dari kasusnya. Antibiotics dipergunakan bila kelainan ini melibatkan bakteri.Bila penyebabnya adalah defisiensi gisi, maka diperlukan supplement yang memadai yaitu harus diberikan zat besi yang merupakan ciri defisiensi utama dari glossitis ini. Pembengkakan dan rasa tidak nyaman di mulut dilakukan pembebrian obat obatan yang diberikan secara oral. Obat kumur yaitu campuran setengah teh baking soda dan dicampur dengan air hangat akan membantu keadaan ini..Bila pembengkakan dirasakan parah,bisa diberikan kortokosteroid.Diet cari nampaknya harus diberikan pada seseorang dengan glossitis ini.
Kebersihan rongga mulut merupakan hal yang harus dilakukan.

Sikat gigi dan penggunaan dental floss atau benang gigi merupakan suatu keharusan, juga jangan lupa untuk membersihkan lidah selepas makan.kemudian kunjungi dokter gigi secara teratur. Jangan gunakan bahan bahan obat atau makanan yang merangsang lidah untuk terjadi iritasi atau agent sensitisasi.Bahan bahan ini termasuk makanan yang panas dan beralkohol.Kemudian juga hentikan merokok dan hindari penggunaan tembakau dalam jenis apapun.Dan sebaiknya segera konsultasi ke dokter bila gangguannya bertambah parah. Bila lidah sudah mengkalangi jalan nafas oleha karena proses enlargement, bila hal ini, terjadi mutlak diperlukan perawatan yang lebih intensife.

ameloblastoma: suatu tumor di rongga mulut







Ameloblastomas, juga dikenal dengan adamantinoma, merupakan tumor odontogenik( tumor yang berasal dari gigi ) yang paling umum (35%). Tumor ini jinaktetapi agresif secara lokal yang berasal dari ameloblast, yang biasanya bercirikan terjadi pada sudut mandibula dan biasanya timbul bersamaan dengan gigi yang tidak erupsi dan oleh karena itu harus dibedakan dengan kista dentigerous yang berpusat pada mahkota gigi.Bila tumor ini terjadi pada maksila, biasany a berlokasi pada regio premolar dan bisa memanjang menuju sinus maksilaris.
Degenerasi menjadi bentuk yang ganas pada tumor ini biasanya jarang terjadi.

Differential diagnosis
Dentigerous cyst -

Senin, 15 September 2008

alat orthodontia, apa itu??

Berbicara mengenai sejarah ilmu orthodonti maka akan sama tuanya dengan sejarah ilmu kedokteran gigi serta cabang-cabang ilmu kedokteran gigi yang lain seperti ilmu penambalan gigi dan ilmu pembuatan gigi tiruan. Hippocrates termasuk salah satu orang yang berpendapat mengenai kelainan pada tengkorak kepala dan wajah (kraniofasial) : “Di antara kelompok manusia terdapat orang dengan bentuk kepala yang panjang, sebagian memiliki leher yang lebar dengan tulang yang kuat. Yang lainnya memiliki langit-langit (palatum) yang dalam dengan susunan gigi yang tidak teratur, berjejal satu sama lain dan hal itu berhubungan dengan sakit kepala dan gangguan keseimbangan.” Sedangkan Celcus pada tahun 25 SM mengemukakan teori: “Gigi dapat digerakkan dengan memberikan tekanan dengan tangan.” Peralatan sederhana yang didesain untuk mengatur gigi geligi telah ditemukan oleh para arkeolog di makam-makam kuno bangsa Mesir, Yunani, dan Suku Maya di Meksiko.Pengertian Orthodonti Arti harafiah orthodonti sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu orthos yang berarti lurus dan dons yang berarti gigi. Istilah orthodonti sendiri digunakan pertama kali oleh Le Foulon pada tahun 1839. Ilmu orthodonti sebagai suatu ilmu pengetahuan seperti yang kita kenal dewasa ini barulah kira-kira 50 tahun yang lalu dan lambat laun berkembang terus sehingga seolah-olah menjadi bidang spesialisasi dalam kedokteran gigi. Pada zaman dahulu yaitu 60 hingga 70 tahun yang lalu ilmu orthodonti memang sudah dikenal seperti halnya dengan ilmu penambalan gigi dan pembuatan gigi tiruan, tetapi konsepnya berbeda dengan konsep ilmu orthodonti yang sekarang. Jika dulu yang dipentingkan hanyalah masalah mekanis saja, dalam arti penggunaan alat-alat untuk meratakan susunan gigi yang tidak rata, sekarang masalah biologis juga turut menjadi perhatian. Maksud dan tujuan dari perawatan orthodonti sendiri ada beberapa macam yaitu:1. Menciptakan dan mempertahankan kondisi rongga mulut yang sehat2. Memperbaiki cacat muka, susunan gigi geligi yang tidak rata, dan fungsi alat-alat pengunyah agar diperoleh bentuk wajah yang seimbang dan penelanan yang baik3. Memperbaiki cacat waktu bicara, waktu bernafas, pendengaran, dan mengembalikan rasa percaya diri seseorang4. Menghilangkan rasa sakit pada sendi rahang akibat gigitan yang tidak normal5. Menghilangkan kebiasaan buruk, seperti; menghisap ibu jari, menggigit-gigit bibir, menonjolkan lidah, bernafas melalui mulutDari pemaparan di atas, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa tujuan perawatan orthodonti adalah untuk memperbaiki fungsi pengunyahan yang normal. Untuk itu, upaya yang dilakukan adalah dengan merapikan susunan gigi serta mengembalikan gigi geligi pada fungsinya yang optimal. Upaya merapikan susunan gigi geligi ini nantinya tidak akan terlepas dari pelibatan gigi geligi itu sendiri, jaringan lunak mulut, tulang wajah, dan jaringan lunak wajah. Dengan demikian didapatkannya suatu keharmonisan wajah adalah salah satu implikasi yang dapat diperoleh dari perawatan orthodonti.Macam-Macam Perawatan Orthodonti Secara umum menurut alat yang digunakan, perawatan orthodonti dibagi menjadi dua macam yaitu orthodonti lepasan [removable appliances] dan orthodonti cekat [fixed appliances]. Alat orthodonti lepasan umumnya digunakan pada kasus-kasus yang tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan pencabutan gigi. Karena keterbatasannya, biasanya alat orthodonti lepasan yang terbuat dari bahan akrilik ini, jarang digunakan oleh pasien-pasien dewasa.Berbeda dengan alat orthodonti lepasan, alat orthodonti cekat memiliki indikasi perawatan yang lebih luas. Alat orthodonti cekat dapat digunakan untuk segala usia, bahkan usia lanjut sekalipun bila kondisi tulang penyangga giginya masih memungkinkan. Alat ini terdiri dari seutas kawat [terbuat dari campuran logam Nikel dan Titanium yang memiliki sifat tahan karat dan sangat lentur dengan ukuran yang berbeda-beda tergantung kebutuhan], bracket [penopang kawat yang ditempelkan pada gigi, dapat terbuat dari logam, keramik, dan plastik], dan cincin karet warna-warni. Karena alat orthodonti cekat ini ditempelkan pada gigi selama perawatan, maka pasien harus dapat menjaga kebersihan mulut sebaik mungkin agar tidak menimbulkan masalah gigi dan mulut yang lainnya.