Minggu, 28 September 2008

Penyakit pada tangan kaki dan mulut/hand foot and mouth disease (HFM)

hai teman, ada penyakit yang timbulnya ditandai dengan khas, yaitu adanya suatu borok kecil kecil/ulser yang tumbuh hanya pada mulut , kaki dan tangan, apa itu? simak paparan berikut ini....

-------------
Hand Foot and Mouth (HFM) disease yang diterjemahkan sebagai penyakit pada tangan kaki dan mulut, merupakan suatu penyakit infeksi umum yang terjadi pada anak balita. Kemungkinan penyakit ini mengenai anak yang berumur kurang dari 5 tahun.
Gejala yang nampak umumnya adanya ulser atau luka pada mulut(terutama lidah, gusi dan pipi sebelah dalam. Blisters ( bentukan seperti cacar air)juga nampak pada tangan dan kaki, biasanya juga anak menderita demam yang ringan.Gejala yang lainnya adalah binti-bintik atau rash pada pantat anak dan rasa yang tidak nyaman yang terdapat pada mulut sebelah dalam. Gejala ini biasanya lebih kurang 3 sampai 6 hari.
Diagnosa biasanya ditegakkan dengan dasar gejala yang terdapat didalamnya.Diagnosa akan sulit diberilan bila gejala pada anak tidak menunjukkan sesuatu yang spesifik.
Perawatan
Tidak ada perawatan yang spesifik pada penyakit ini., Kecuali pada gejalanya saja, penatalaksanan atau terapi nya meliputi pemberian cairan yang cukup, pengobatan untuk meredakan demam sampai akhirnya penyakit ini menyembuh dengan sendirinya. Pemberian antibiotika tidak perlu, kecuali dirasakan luka telah membesar dan kemungkinan terjadi infeksi sekunder.
Untuk rasa nyeri pada mulut bisa diberikan benadryl, suatu preparat antialergi,dan juga anti nyeri/analgetik untuk mengontrol rasa nyerinya.
Penyebab
Penyebab dari kelainan ini adalah coxsackievirus A16 virus,meskipun beberapa enterovirus yang lain juga menyebabkan kelainan ini. Komplikasi penting yang harus diperhatikan adalah kemungkinan timbulnya dehidrasi, bilaman anak menunjukkan luka/ulser yang parah didalam mulut dan bilamana anak tidak makan dan minum secukupnya.Pada negara dengan 4 musim biasanya penyakit ini terjadi pada musim panas dan musim gugur.

===000OOOooo===

4 komentar:

zsanty mengatakan...

Minggu ini kedua anak saya kena sakit ini Dok, sedih banget mereka jadi gak mau makan! thanks ya artikelnya, saya buat link tentang sakit ini di blog saya, boleh kan?

drgdondy mengatakan...

silahkan bu silahkan......tidak dilarang kok . smoga putrinya cepet sembuh bu....wasalmualaikum.

Anonim mengatakan...

keponakan perempuan saya sedang mengalami sakit ini,dok, dan yang saya takutkan penyakit ini benar-benar berdampak fatal pada keponakan saya, di dalam blog dokter mengatakan bahwa penyakit ini biasanya hanya diderita anak berumur kurang dari 5 tahun, sedangkan keponakan saya sudah berumur 7 tahun. kenapa itu bisa terjadi? dan keponakan saya tertular di sekolahnya, kata keponakan saya sudah 16 murid termasuk keponakan saya yang terkena penyakit ini, kata dokter yang sudah memeriksa keponakan saya penyakit ini sangat menular pada balita dan usia lanjut, karena itu kaponakan saya di isolasi selama seminggu untuk menghindari penularan kepada adiknya yang masih balita. sangat sedih melihat keponakan saya yang harus du isolasi. dengan cara apa sih virus ini tertular? apa ada cara untuk mencegahnya? trims.

drDondy mengatakan...

tidka bisa virus diabsmi bu... semua akan terkontak dengan semua jenis virus, tinggal daya tahan tubuh seseorang saja untuk menanggulanginya. virus tidak bisa disembuhkan lain dengan bakteri, kalau virus baisanya dierapi dengan memperbaiki sistem imuniats atau daya tahan tubuh seseorang.
trims