Jumat, 09 April 2010

untuk Dokter gigi : penanganan pasien dengan penyakit jantung


bila teman sejawat melakukan perawatan dengan pasien yang mempunyai resiko tinggi, salah satunya manifestasi penyakit jantung dan variannya, beberapa hal yang mungkin perlu untuk diperhatikan adalah sebagai berikut :

Heart attack (myocardial infarction) — untuk mendapatkan hasil perawatanyang optimal, tunggulah kira2 enam bulan setelah serangan jantung sebelum dilakukan tindakan perawatan pada gigi yang ekstensive

( sebagai contoh prosedur odontek, atau open methode ekstraction)

Tanyakan kepada penderita tentang obat obatan yang sedang dikonsumsi, sebagai contoh antikoagulan. Obat obatan jenis ini bisa menimbulkan pendarahan paska ekso yang berlebihan.

Nitrogliserin dan oksigen mutlak harus tersedia.


High blood pressure (hypertension) — Beberapa obat antihipertensi menyebabkan dry mouth, dan hilangnya sensasi indera pengecap.

Calcium channel blockers menyebabkan hiperplasi jaringan gingiva yang mengakibatkan pasien kesulitan untuk mengunyah.

Perlu dipertimbangkan untuk prosedur gingivectomy ke periodontist.


Angina —pasien dengan angina yang tidak stabil jangan pernah dilakukan tindakan perawatan yang ekstensive.


Stroke

medikamen yang perlu diperhatikan adalah :

  • pemakaian antikoagulan
  • dry mouth oleh karena efek obat yang dipakai untuk hipertensi, bilamana perlu diberikan obat untuk merangsang sekresi saliva guna mencegah karies yang lebih lanjut pada penderita ini.


Heart failure — beberapa obat obatan yang dipergunakan bisa menyebabkan dry mouth, penanganannya sama seperti yang telah disebutkan diatas.


demikian sedikit tips refresh ilmu untuk teman2 sejawat.

salam kompak selalu...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum dokter yang baik hati...
salam kenal,saya devi umur 19 tahun..saya punya karies gigi di ke 3 gigi depan saya..tapi tidak parah bgt dok..baru keliatan hitam2 nya aja dan agaknya sudah mulai brkembang...bagi saya itu masalah trbesar dok..yang saya tahu kalau karies gigi itu harus DITAMBAL???
terus terang saja dok..saya gak mau ditambal karna otomatis gigi saya akan hilang seperempat setelah dibor...
tolong dok solusi yang tepat agar karies di gigi saya tidak dilakukan penambalan??apakah bisa dilakukan fissure sealant dok?
mohon pnjelasannya..

trimakasih sebelumya....

Dondy Setyawan,drg. mengatakan...

halo devi, jawaban anda silahkan di lihat disini : http://drgdondy.blogspot.com/2010/04/devi-gigi-karies-haruskah-tanpa.html