Kamis, 22 April 2010

devi : gigi karies, haruskah tanpa ditambal ?


Assalamualaikum dokter yang baik hati...

salam kenal,saya devi umur 19 tahun..saya punya karies gigi di ke 3 gigi depan saya..tapi tidak parah bgt dok..baru keliatan hitam2 nya aja dan agaknya sudah mulai brkembang...bagi saya itu masalah trbesar dok..yang saya tahu kalau karies gigi itu harus DITAMBAL???

terus terang saja dok..saya gak mau ditambal karna otomatis gigi saya akan hilang seperempat setelah dibor...


tolong dok solusi yang tepat agar karies di gigi saya tidak dilakukan penambalan??apakah bisa dilakukan fissure sealant dok?

mohon penjelasannya..

trimakasih sebelumya....

jawab :

terima kasih devi sudah mampir ke blog saya, devi juga rajin menabung khan ? hehehehe....

oke begini; karies gigi adalah
proses demineralisasi artinya ada masalah didalam matrik atau bahan dasar enamel/mahkota gigi; yang berarti gigi anda sudah rusak elemen pada bagian dalamnya.

Kebanyakan kasus memang pada karies harus dilakukan penumpatan/ penambalan gigi; yang bertujuan untuk mengambil jaringan karies dan digantikan dengan bahan tumpatan/tambalan yang mempunyai jenis dan sifat yang hampir sama dengan enamel gigi yang telah rusak tersebut.



Ada suatu bahan; yang biasanya saya pergunakan pada anak untuk membalikkan proses demineralisasi menjadi remineralisasi
( pembentukan ulang matriks gigi),

bahan tersebut adalah tooth mouse, tetapi saya pribadi belum tahu keefektifannya bila dipergunakan pada orang dewasa.

Contoh bahan tooth mouse bisa dilihan disamping ini






Fissure sealent adalah topikal fluoride/ bahan penghambat karies yang diaplikasikan pada gigi anak.
Bahan ini biasanya diberikan untuk pencegahan dan tidak diberikan setelah karies terjadi.


Kalau devi ingin giginya tidak di bur, coba tanyakan ke dokter gigi anda tentang tooth mouse ini.
Saya pribadi tidak ada pengalaman bila bahan ini diaplikasikan pada orang dewasa, tetapi pada anak bahan ini cukup efektif yang pernah saya cobakan pada anak saya sendiri yang sekarang berumur 2 tahun.


Bila devi ingin mempunyai tambalan yang hasilnya bagus dan memuaskan coba kunjungi dokter gigi spesialis Konservasi , nama dibelakangnya mempunyai gelar SpKg, sebagai contoh Drg.Devi,SpKG.

Oke semoga jawaban saya memuaskan anda.
dont worry; be happy,ok ?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih byk dok atas solusinya...hehe and mk
gimana gak worry dok,,,soalnya karies tuh kan bs berkembang....jd otomatis saya takut bgt kalo gigi depan saya ancur cur cur cur....
:(

btw dok,,brapa harga tooth mouse nya dok??caranya diolesin aja ya dok?
beli dmana dok?
saya di daerah di palembang,apa ada dok?

thx u dok...

Dondy Setyawan,drg. mengatakan...

harga tooth mouse silakan ditanyakan ke drg yang anda kunjungi