Selasa, 28 September 2010

khair dok, proses pembuatan mahkota inlay gimana ya?
jawab :


halo khair, tidak sulit membuat uplay ,onlay atau inlay, secara sederhana saya terangkan sebagai berikut :
  • preparasi karies yang ada dengan bentukan box, tegak lurus, hal ini berhubungan dengan masalah retensi atau menahan daya kunyah . Preparasinya lebih kurang seperti pembuatan amalgam. Biasanya yang ideal menurut saya untuk dibuat inlay adalah klas satu atau kelas dua.

  • Perhatikan sisa jaringan sehat yang ada, preparasi secukupnya jangan sampai sisa jaringan gigi lebih sedikit dibandingkan dengan besarnya inlay, rentan pecah bila terkena daya kunyah

  • Setelah preparasi selesai cetak gunakan bahan cetak, kirim ke laborat.

  • harap diingat bila menerima uplay yang sudah jadi dari laborat; sebelum insersi ke pasien, cek dulu retensinya, uplay harus tidak boleh lepas ketika kita balikkan pada model, kalau lepas berarti proses laboratnya tidak bagus, dan bisa mempengaruhi retensi pemasangannya ke pasien.

  • tentang step by step secara mendetail pembuatannya bisa dilihat di text book.

oke ? semoga bermanfaat...

2 komentar:

pinah mengatakan...

apa maksud dari mahkota inlay uplay dan onlay? saya punya pertanyaan. 2 gigi depan atas saya diberi jaket tahun 2003, kini bagian belakang jaket itu pecah sebagian sehingga giginya tidak terlindungi lagi.

saya ingin membuatkan jaket yang baru, tetapi di tempat saya tinggal (tenggarong, baru 3 bulan) tidak ada yang bisa. saya sudah ke salah seorang dokter gigi dan katanya lebih baik ke samarinda karena ada spesialis di sana. namun dia lupa namanya, apakah dokter tahu?

lalu, setahu saya pembuatan jaket biayanya dari 300ribu-jutaan, tergantung bahannya. apakah benar begitu? pertimbangan pemilihan bahan (porselen, metal) apa saja? saya pernah dengar begitu dari dokter gigi di semarang ketika jaket itu lepas dan disarankan bikin ulang.

terima kasih sekali atas jawabannya

Dondy Setyawan,drg. mengatakan...

trims postingnya, jacket crown atau apapun jenisnya , itu merupakan tumpatan tuang, dibuthkan laborat untuk memproses tumpatan jenis itu, jadi tarifnya tergantung dari materi yang dipergunakan oleh laborat, juga kondisi sos ek masyarakat sekitar, senioritas , spesialisasi dokter dan sebagainya.
pasang crown di jakarta dibandingkan dengan kota kecil yah jelas beda lah..meski bahan yang dipergunakan oleh laboratnya sama.
memang ada tehnik2 tertentu untuk pembuatan jenis mahkota tuangini, jadi kemampuan laborat yang bekerja sama dengan drg adalah menentukan kwalitas hasilnya.
bgtu, semoga bermanfaat ulasan singkat ini. trims.