Beberapa orang dan mungkin banyak orang, kalau mendengar kata PUSKESMAS, pusat kesehatan masyarakat ; sering kali mengernyitkan dahi, ada yang mencibir dan berpikir negatif malah...
Puskesmas, identik dengan pelayanan masyarakat kelas bawah, identik dengan pelayanan yang sekedarnya, identik dengan pelayanan yang tidak bermutu ..anggapan itu tidak benar dan sepenuhnya tidak salah.
Dulu. memang seperti itu...tetapi deggan perkembangan waktu dan kontrol kualitas yang terus menerus berkesinambungan dari tiap2 dinas kesehatan kabupaten, hal yang menjadi kendala dari puskesmas semakin terselesaikan.
Dan memang selama ini ,khususnya; saya yang berkutek di poli gigi merasakan kendala terhadap bahan/dental material, seringkali datangnya bahan yang dibutuhkan ,bila operator melakukan order, sering tidak tepat bahan yang dipesan,jadinya pemberian bahan kadang tidak sesuai indikasi atau peruntukannya.
Mungkin hal inilah yang juga menimbulkan opini publik bahwa perawatan di puskesmas tidak bermutu.
Semoga hal ini lambat laun akan bisa dibenahi menuju ke arah kesempurnaan, karena bagaimanapun juga motto yang miskin tidak mendapatkan pelayanan yang baik ,dan yang miskin tidak boleh sakit adalah hal yang sangat ironi....
Karena pemberdayaan suatu generasi akan menjadi optimal bila basic need mereka terpenuhi yang salah satunya adalah kesehatan yaitu untuk membangun generasi menuju generasi sehat yang bisa membangun negeri ini....
Kita semua tidak ingin mendapatkan missing link generasi yang berkualitas bukan ?
Semoga....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar