Rabu, 01 Juli 2009

feby : tentang kista


Feby kata dokter gigi, sy ada kista gusi di bgn akar gigi depan. apakah itu harus di cabut? atau bisa dilakukan perawatan aja?

halo feby, kista yang kamu rasakan biasanya kista radikuler, perawatannya tidak mesti dicabut, bisa dilakukan perawatan endodontia/ perawatan saraf gigi,
Sekedar perlu diketahui dokter gigi mempunya sub spesialis, kalau kamu ingin mempertahankan gigi ini, bisa sambangi dokter gigi spesialis Endodontia, disana kamu nanti saluran akar gigimu akan dilakukan pearwatan endodontik dengan seksama, bila salurana akar yang telah dirawat benar benar steril maka kista yang terdapat didalamnya lambat laun akan menghilang.
jangan ke dokter gigi spesialis bedah mulut, kalau kamu kesana dokter akan mencabut gigimu dan akan dilakukan kurettage/dikerok. Bila menyembuh akan dipasang protesa atau gigi tiruan, tetapi juga bila si ahli endodontik menyatakan bahwa gigimu tidak bisa dipertahankan, maka dokter bedah mulutlah yang pas untuk penangananmu selanjutnya.
Sekilas tentang kista bisa kamu baca disini
Oke feby, semoga membantu jawaban saya, santai ajah yah..dokter akan bertindak professional, serahkan kepada mereka yang sudah ahlinya.
have a nice day.....

ooOOoo

4 komentar:

BIBYTHH mengatakan...

Dok, memang sy ke dokter spesialis bedah mulut. Sy sdh usulkan perawatan saja dan tdk dicabut, tp katanya tdk bisa krn akar sy sdh bengkok, warna gigi sdh berubah yg tandanya ada syaraf gigi yg terganggu.Jd pencabutan gigi depan I-2 merupakan alternatif terakhir yg harus diambil.
Pertanyaan lagi nih: apa akibat nya jika kista gusi itu dibiarkan saja? Karena tdk ada keluhan. Terimakasih ya..

Dondy Setyawan,drg. mengatakan...

akan memicu terjadinya ameloblastoma...kanker didalam tulang rahang...

Krishna mengatakan...

halo pak dokter, tulisan ini sangat berguna kebetulan teman saya didiagnosa mengalami granulom di gusi yang akan menjadi kista jika dibiarkan. tulisan ini memberikan pengetahuan lebih bagi saya dan orang2 awam lainnya. terus menulis ya pak dokter! :)

P.S: tolong tema blognya diganti, ini serem banget pake hantu2 segala

Dondy Setyawan,drg. mengatakan...

halo krisna, triam kasih sudah berkunjung ke blog saya, iyah memang temanya saya buat serem gambar2nya, malah nanti akan saya ganti gambarnya yang lebih serem lagi,,,,qwqwqwqw...byar seru abizzz.....
anyway thanks for visiting my blog...