Selasa, 10 November 2009

Tehnik pemasaran klinik gigi pribadi


Dalam memasarkan klinik gigi kita harus mengetahui strategi pemasaran,yaitu:
  • pendekatan strategi,contoh meningkatkan pelayanan pada pasien geriatrik.
  • Konsentrasi pada target market,misalnya pada anak-anak,dengan menyediakan tempat bermain di ruang tunggu,beri balon,makanan dan sebagainya.
  • Undifferentiated approach,contoh complete family dentisry and total dental care.Strategi ini untuk mendapatkan pasien sebanyak-banyaknya.
  • Keputusan untuk membeli pelayanan anda dengan:menyadari masalah,misalnya rasa sakit,tambalah lepas;
  • mencari informasi;
  • mengevaluasi alternatif,misalnya apa praktek buka hari sabtu,apa menerima semua pelayanan perawatan gigi;
  • membeli pelayanan;
  • mengevaluasi.
Promosi,untuk memperkuat keputusan membeli pelayanan anda.
Promosi merupakan komunikasi dalam upaya menyakinkan pasien untuk menerima pelayanan anda.
Tujuan pemasaran untuk menarik pasien supaya mengunjungi tempat praktek anda untuk dirawat giginya sehingga praktek anda profitable.
Banyak cara yang dilakukan dengan memberi ucapan ulang tahun,tahun baru dan sebagainya kepada client/pasien anda.
  • Internal marketing:secara fisik,misalnya hiasan tanaman,poster,dll;
  • Staf yang ramah;pelayanan segera;pelayanan yang efisien;meredakan sakit segera;perawatan gigi yang kompeten;staf terlatih baik;persepsi staf yang positif terhadap dokter gigi.
Salah satu aspek yang penting dari internal marketing adalah persepsi staf dan perasaaannya terhadap dokter gigi,bukan person dokter giginya sendiri,tapi kemapuan dokter gigi untuk merawat pasien secara sukses, dan mamperhatikan kebutuhan pasien secara total.