Jumat, 28 Agustus 2009

mike : medikamentosa pulpektomy

Mike Jevika dok... saya mhsw pskg unsri, sekarang sedang coass...
saya ingin bertanya mengenai tehnik2 pulpektomy non vital beserta medikamen2 yang umumnya digunakan, tolong infonya ya dok... trims

Halo mike,
Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, tentang pulpektomy medikamen/obat obatan yang dipergunakan adalah

1.Devitalisasi pasta--> untuk membuat pulpa non vital
Pasta ini dipasaran terdapat dua jenis, yang mempunya merk Caustinerf rapid
( mengandung arsenic), dan yang Non arsen.
Secara pribadi saya suka dengan yang non- arsenic, oleh karena mengingat kepatuhan pasien, bila pasien dengan terapi menggunaan arsen diharuskan kembali untuk kontrol tetapi dia tidak kembali, maka pasta tipe arsen ini akan melanjut sampai ke jaringan periodontal dan bisa menimbulkan osteomielitis,bila tidak segera diangkat. Hati hati !!! Biasanya tipe pasta yang arsenic ini harus diangkat pada hari ke 3, kalau yang non arsenic diangkat selama seminggu.

2. Trikresol formalin ( TKF ). Setelah diberikan pasta diatas bisa diberikan tkf ini yang bertujuan untuk melanjutkan proses devitalisas pulpa dengan efek yang lebh ringan.

3. Pasta saluran akar. mempunya berbagai macam merk, sy pergunakan endomethasove ivory. Karena bahan ini mempunya kandungan yang saya nilai lebih lengkap dbanding pasta saluran akar lainnya.

4.Cresophene. Yang dipergunakan sebagai dressing yang dimasukkan ke saluran akar setelah dilakukan preparasi pada saluran akarnya.

Tentang jenis preparasi pada saluran akar banyak sekali jenisnya, ada yang konventional, step back dan lain lain.

Trims semoga bermanfaat

2 komentar:

tooth whitening mengatakan...

wah keren abis nie pa dokter bisa buat blog dimari jadi nga repot-repot kalo mau konsul nie pa dokter

drDondy mengatakan...

iya makasih ..silahkan gabung bila ada permasalahan tentang gigi dan mulut..semoga jwaban saya memuaskan semua orang....