Senin, 14 September 2009

nyeri pada gigi yang membingungkan : Atypical odontalgia )

Description

  • Atypical Odontalgia (AO) adalah : kondisi dimana pasien merasakan giginye terasa ngilu atau nyeri yang amat sangat tetapi tidak terdapat masalah pada gigi dan jaringan disekitar yang dikeluhkan tersebut.
  • Nyeri yang dirasakan bersifat terus menerus, biasanya seperti sensasi rasa terbakar
  • Sering terjadi pada gigi geraham rahang atas atau pada gigi yang terletak di sebelah depan dari molar tersebut

Oleh karena gejala ini seperti nyeri pada gigi, beberapa dokter melakukan prosedur pengetesan pada gigi , tetapi pada akhirnya hanya semenara menyelesaikan masalah ini, rasa sakit yang berulang akan kembali lagi.

Symptoms

  • Symptoms/ gejala meliputi rasa terbakar yang berkelanjutan, nyeri tajam pada tulang atau gusi sekitar gigi, dan kadangkala terdapat sensitif pada tekanan di atas daerah yang nyeri tersebut.
  • . Test diagnosa menunjukkan tidak adanya abnormalitas pada x ray dan tidak ditemukan penyebab yang jelas pada gigi yang nyeri tersebut.
  • Possible Causes
  • terdapat banyak spekulasi tentang penyebab hal ini, termasuk gangguan yang melibatkan
  1. psikologis
  2. deafferensiasi (kerusakan pada saraf saraf pendek / pathology),
  3. gangguan vascular.

Masalah psikologis bisa jadi merupakan penyebab utama, dimana hal ini telah didasarkan pada suatu studi yang telah dilakukan beberapa ahli sebagai penyebab bila kelainan fisik tidak bisa ditemukan pada keadaan ini.

Suatu study yang dilakukan oleh Graff-Radford dan Stolberg menggunakan Minnesota Multiphasic Personality Inventory, ( tentang test jenis ini bisa dilihat disini : test MMPI ;) ditemukan adanya kenaikan skala MMPI , dan dari hal ini lah disimpulkan bahwa masalah psikologis memegang peranan yang sangat kuat terhadap kelainan ini.

Penyebab vaskuler untuk AO ini mirip dengan gejala pada migrain, oleh karena AO ini merupakan episode yang berkelanjutan dan terus menerus seperti nyeri pada migrain.

Tetapi bagaimanapun juga,study thermographic untuk pasien AO menunjukkan bahwa 100% dari mereka mempunyai pola asymmetric heat emission , dimana hal ini menunjukkan keterlibatan vaskular, sehingga beberapa ahli menyimpulkan kelainan ini dicetuskanoleh gangguan vaskuler.

Deafferensiasi yang terjadi pada saraf mungkin juga merupakan penyebab dari kelainan ini.

Beberapa pasien AO mempunyai hubungan dengan pemicu terjadinya nyeri oleh karena prosedur perawatan gigi atau adanya trauma pada gigi.

Diagnosis

Diagnosis teruatama didasarkan pada gejala dan menghilangkan penyebab yang mungkin bisa mencetuskan kelainan ini.

Test yang perlu dilakukan adalah diagnostic dental x-rays, panorax, CAT scan dan bisa juga MRI.

Bila dilakukan injeksi nerve blog tetapi tidakmenghilangkan nyeri, maka kemungkinan diagnosa AO ini bisa ditegakkan

Treatment

penatalaksanaa dengan pemberian analgetika dan sedative tidak efektif untuk AO. Pembedahan dan prosedur gigi yang lain jarang memberikan hasil yang memuaskan.

Anti depresi kemungkinan juga bis amenghilangkan gejala AO ini.

Ada hal yang menarik bahwa pasien dengan AO biasanya mereka tidak mengalami depresi (Graff-Radford) .




ooOOoo

sources : here

good source : here