Sabtu, 06 Juni 2009

pengaruh stress terhadap kesehatan gigi dan mulut


Orang amerika sekarang dihadapkan dengan kejadian yang kurang beruntung yang mendera perekonomiannya.

Study yang dilakukan oleh the American Psychological Association menemukan bahwa 80 percent orang amerika mengalami goncangan ini dan menyebabkan mereka stress dan jatuh dalam keterpurukan.

Keadaan ini juga bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan umum;tekanan darah tinggi, melemahkanya

daya tahan tubuh ( imune system ); dan hal ini juga bisa mempengaruhi kesehatan jaringan periodontal ( tentang jaringan periodontal bisa di klik disini ).

Bila keadaan ini dibiarkan bisa mengakibatkan keadaan yang serius dengan hilangnya atau goyangnya gigi secara spontan.


Menurut David Cochran, DDS, PhD, President dari the American Academy of Periodontology dan Chair of the Department of Periodontics pada the University of Texas Health Science Center di San Antonio, stress bisa memicu seseorang untuk lebih banyak melakukan kebiasaan2 yang merugikan rongga mulut, seperti penggunaan tembakau ( tentang efek dari penggunaan tembakau pada kesehatan gigi dan mulut bisa klik disini ) dan bahkan mungkin pula mereka mengabaikan kesehatan rongga mulutnya.

Gaya hidup yang seperti inilah yang memicu seseorang untuk menciptakan kelainan pada jaringan periodon
talnya, juga keadaan ini bisa melanjut menuju komplikasi penyakit yang lainnya; seperti diabetes dan penyakit jantung.

suatu study yang diadakan di bulan February 2009 pada Journal of Periodontology (JOP) menyatakan bahwa 56% partisipan telah melalaikan sikat gigi dan pemeliharaan rongga mulut lainnya.

Hormon kortisol ( tentang hormon ini silahkan klik disini ) dituding memainkan peranan yang penting dalam menjembatani antara stress dan penyakit gusi ini.

Stress yang kronis bisa menciptakan level kortisol yang lebih tinggi .

Penelitian terbaru juga menyatakan bahwa jumlah kortisol yang meninggi pada aliran darah memicu keadaan yang lebih merusak pada penyakit periodontal.

Oke? jangan suka stress yah,,...kalo suka stress gabung saja di facebook saya..dijamin gak stress......hehe... ok see u guys ...!!!