Senin, 28 September 2009

Sabtu, 26 September 2009


Nha Angga Ranie Dok mau tAnya, q kan pnya adk umur 6 thn, gi2nya udah pda cplok 4 pdhl dia jrng mkn cokLt gmana ya solusinya biar cpt tmbh lg


jawab :
alow angga: makan coklat sama kecepatan tanggalnya gigi gak ada hubungannya..kalau membentuk karies atau lubang pada gigi memang iya. Tapi tahu gak kalau coklat itu masih lebih baik dibanding dengan permen ? cocoa pada coklat pada kadar tertentu membantu mencegah kerusakan gigi.
Kecepatan pertumbuhan geligi sulung pada anak tidak bisa disamakan antara satu anak dnegan anak yang lainnya walau usia mereka sama
Dan tidak ada obat yang bisa mempercepat pertumbuhangigi mereka nongol dari gusi.
Jangan samakan kondisi gigi anak tetangga dengan keponakanmu, itu namanya individual growth spurt yang artinya pertumbuhan dan perkembangan pada sistem stomatognatik atau sistem geligi dan mulut tiap2 individu itu berbeda.
oke angga moga2 keterangan saya inih jelas,

Selasa, 15 September 2009

Seminar sehari : Sabtu,10 oktober 2009, RSUD lumajang.
judul : option for conservative dentistry
( DR.drg.adyatmaka- GC singapore/jakarta ),
akupuncture untuk maxillofaccial
( DR.dr.KusnadiSpRad- univ.brawijaya Malang ),
Penanganan plegmon/Ludwig angina .........
(drg.Zainul Cholid SpBm- universitas jember )
tiket 200.000 ,3 skp Akreditasi pengwil PDGI,
contack person /ketua panitia seminar :
drgdondy-08123456 654/ 0334-7709898
drg.Rina dwi astuti : dinas kesehatan Lumajang, 0334-881066

Senin, 14 September 2009

nyeri pada gigi yang membingungkan : Atypical odontalgia )

Description

  • Atypical Odontalgia (AO) adalah : kondisi dimana pasien merasakan giginye terasa ngilu atau nyeri yang amat sangat tetapi tidak terdapat masalah pada gigi dan jaringan disekitar yang dikeluhkan tersebut.
  • Nyeri yang dirasakan bersifat terus menerus, biasanya seperti sensasi rasa terbakar
  • Sering terjadi pada gigi geraham rahang atas atau pada gigi yang terletak di sebelah depan dari molar tersebut

Oleh karena gejala ini seperti nyeri pada gigi, beberapa dokter melakukan prosedur pengetesan pada gigi , tetapi pada akhirnya hanya semenara menyelesaikan masalah ini, rasa sakit yang berulang akan kembali lagi.

Symptoms

  • Symptoms/ gejala meliputi rasa terbakar yang berkelanjutan, nyeri tajam pada tulang atau gusi sekitar gigi, dan kadangkala terdapat sensitif pada tekanan di atas daerah yang nyeri tersebut.
  • . Test diagnosa menunjukkan tidak adanya abnormalitas pada x ray dan tidak ditemukan penyebab yang jelas pada gigi yang nyeri tersebut.
  • Possible Causes
  • terdapat banyak spekulasi tentang penyebab hal ini, termasuk gangguan yang melibatkan
  1. psikologis
  2. deafferensiasi (kerusakan pada saraf saraf pendek / pathology),
  3. gangguan vascular.

Masalah psikologis bisa jadi merupakan penyebab utama, dimana hal ini telah didasarkan pada suatu studi yang telah dilakukan beberapa ahli sebagai penyebab bila kelainan fisik tidak bisa ditemukan pada keadaan ini.

Suatu study yang dilakukan oleh Graff-Radford dan Stolberg menggunakan Minnesota Multiphasic Personality Inventory, ( tentang test jenis ini bisa dilihat disini : test MMPI ;) ditemukan adanya kenaikan skala MMPI , dan dari hal ini lah disimpulkan bahwa masalah psikologis memegang peranan yang sangat kuat terhadap kelainan ini.

Penyebab vaskuler untuk AO ini mirip dengan gejala pada migrain, oleh karena AO ini merupakan episode yang berkelanjutan dan terus menerus seperti nyeri pada migrain.

Tetapi bagaimanapun juga,study thermographic untuk pasien AO menunjukkan bahwa 100% dari mereka mempunyai pola asymmetric heat emission , dimana hal ini menunjukkan keterlibatan vaskular, sehingga beberapa ahli menyimpulkan kelainan ini dicetuskanoleh gangguan vaskuler.

Deafferensiasi yang terjadi pada saraf mungkin juga merupakan penyebab dari kelainan ini.

Beberapa pasien AO mempunyai hubungan dengan pemicu terjadinya nyeri oleh karena prosedur perawatan gigi atau adanya trauma pada gigi.

Diagnosis

Diagnosis teruatama didasarkan pada gejala dan menghilangkan penyebab yang mungkin bisa mencetuskan kelainan ini.

Test yang perlu dilakukan adalah diagnostic dental x-rays, panorax, CAT scan dan bisa juga MRI.

Bila dilakukan injeksi nerve blog tetapi tidakmenghilangkan nyeri, maka kemungkinan diagnosa AO ini bisa ditegakkan

Treatment

penatalaksanaa dengan pemberian analgetika dan sedative tidak efektif untuk AO. Pembedahan dan prosedur gigi yang lain jarang memberikan hasil yang memuaskan.

Anti depresi kemungkinan juga bis amenghilangkan gejala AO ini.

Ada hal yang menarik bahwa pasien dengan AO biasanya mereka tidak mengalami depresi (Graff-Radford) .




ooOOoo

sources : here

good source : here

Kamis, 03 September 2009

penanganan gigi berdesakan


Dr. dondy saya dah mampir nih.. sy mau tanya.. kalo gigi ginsul numpuk atas bwh solusiny bgmn? cabut yg bwh aja bisa gak? efek sampingny apa? masalah pada saraf apakah ada ?


jawab: halo , gigi yang numpuk bisa dilakukan perawatan kawat gigi atau orthodontia,sekilas tentang apa itu perawatan orthodontia atau kawat gigi bisa anda klik disini : perawatan orthodontia

kalau kelainannya hanya dental (Kelainannya hanya pada gigi tidak melibatkan tulang rahang ) ,biasanya dokter akan mencabut gigi tertentu yang dipergunakan sebagai tempat bagi gigi yang berdesakan tadi.
Bila berdesakannya atas dan bawah yah harus dicabut kedua rahang toh mas, gak bisa hanya dicabut pada satu rahang, tapi semua itu tergantung dari diagnosa atau rencana perawatan dari si dokter,
dan untuk mengetahui hal ini haruslah dilihat secara langsung kelainan yang terdapat pada mulut anda.
Pencabutan gigi bila sesuai dengan prosedur tidak akan membahayakan jaringan lain, terutama pada syaraf, anda jangan termakan mitos mitos yang tidak benar,
untuk mitos atau anggapan yang keliru tentang masalah kesehatan gigi dan mulut bisa anda klik disini :
mitos yang keliru.
terima kasih semoga bermanfaat.....