Selasa, 16 Desember 2008

untuk NRL : tentang karang Gigi


NRL bertanya : butuh waktu berapa lama untuk membersihkan karang gigi dan ada ngak obat pencegahnya


JAwab: Hai NRL, pembersihan karang gigi adalah prosedur yang sederhana dan tidak diperlukan waktu yang lama. Kira kira dibutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk membersihkan karang gigi ini, bahkan mungkin butuh waktu sampai satu jam bila karang gigi anda sangat banyak dan anda tidak pernah membersihkan karang gigi ini sebelumnya. Untuk diketahui karang gigi tidak bisa dicegah pembentukannya. Karang gigi di medis disebut dengan dental calculus. Ia terbentu karena deposit kalsifikasi dari kerja metabolisme bakteri rongga mulut yang bersamaan dengan fakror lainnya membentuk karang gigi ini.
Pembersihannya dilakukan secara mekanis dengan menggunakan alat yang disebut dengan SCALER. Dianjurkan untuk membersihkan karang gigi ini enam bulan sekali bagi seseorang yang mempunyai tipe mudah terbentuk karang gigi .

Sesorang yang mempunyai kepekatan air liur yang bersifat kental ( mukus ) berpotensi terbentuk karang gigi dengan cepat. Sampai sekarang belum ada bahan yang secara efektif bisa menghentikan terbentuknya karang gigi ini.Gambar disamping adalah alat yang dipergunakan untuk membersihkan karang gigi. Karang gigi tidak akan pernah bisa dibersihkan dengan sikat gigi.
Trims. semoga membatu jawaban saya. Have a nice day.

oooOOOooo

Tidak ada komentar: