Selasa, 09 Desember 2008

Herpes Stomatitis ( sariawan)pada anak


anak anda menderita sariawan/stomatitis ? berikut ini beberapa thal yang perlu anda simak....selamat membaca, bila ada pertanyaan silahkan tulis di widge chat southmix pada sebelah kiri dari blog..nanti dengan segera akan saya balas pertanyaan anda.

Herpes (HER-pees) stomatitis (sto-ma-TIE-tis)adalah suatu infeksi pada mulut yang disebabkan oleh virus herpes. Kondisi ini biasanya juga disebut dengan herpes gingivostomatitis. Sebagian besar,biasanya terjadi pada anak muda usia yang belum pernah terpapar virus ini sebelumnya. Penampakan dari keadaan ini biasanya terdapat beberapa luka sejenis lecet yang terdapat didalam mulut ( lidah maupun pada gusi ). Luka ini biasanya menyebuh dalam kurun waktu satu sampai 2 minggu.
Infeksi ini datang dari jenis virus yang sama yang menyebabkan flu,tetapi jenis virus ini biasanya membawa penyakit yang ditularkan melalui hubungan sex.

Tanda/gejala

GEjala utama adalah nyeri, luka lepuh terbuka,dan pembengkakan pada bibir, mulut dan lidah. Anak anda kemungkinan juga menderita demam tinggi dan merasa lelah. Oleh karena mulut terasa sakit, adalah sulit bagi anak untuk makan maupun menelan. Anak kemungkinan juga menderita nyeri pada kerongkongannya.

Pengobatan

Anak anda perlu obat untuk meredakan nyeri dan demam. Untuk demam bisa diberikan acetaminofen atau paracetamol. Itu pertolongan pertama yang bisa anda lakukan. Dan luka yang timbul bisa anda oles dengan Solcoseryl pasta. BIla gejala ini menetap ada baiknya anda ke dokter gigi guna penanganan lebih lanjut. Yang tepat adalah datangi dokter gigi spesialis Oral medicine bila dikota anda mempunyai doker gigi yang mempunyai spesialisasi di bidang ini ( oral medicine ).

Sebaiknya yang anda lakukan

- Berikan paracetamol tetapi jangan berikan aspirin

  • Berikan anak minuman dingin. Jenis minuman ini akan 'menembak' rongga mulut dan membuat sensasi matirasa pada luka yang terbentuk. Pilihan yang baik adalah susu, atau air putih dingin. Janganberikan minuman jeruk,minuman berkarbonasi(sprite,fanta dan lain lain ), hal ini akan membuat nyeri yang ada akan bertambah nyeri. Gunakan sedotan bila terdapat lukan pada bibir ataupun di ujung lidah.

  • Berikan anak makanan yang lunak agar anak anda bisa mengunyah dan menelan menjadi lebih mudah. Makanan pilihan adalah jenis makanan bayi yang disaring,buah lunak, saus apel, yogurt dan puding. Hindari makanan yang asin, berbumbu dan makanan yang bertekstur keras.

  • setiap selesai makan, bilas mulut anak dengan air yang hangat.

  • Bilas atau bersihkan tangan anda dan tangan anak anda sesering mungkin, terutama sebelum makan.

  • Cuci mainan anak anda sebelum dan setelah dipakai

Hubungi dokter anda bila...

- anak tidak bisa minum dan menelan

  • Bila anak anda mempunyai temperatur tubuh yang sangat tinggi ( demam )

  • BIla anak anda menjadi rewel dan tidak henti hentinya menangis

  • apabila Anak anda tidak membaik dalam beberapa hari.

Segera cari pertolongan bila...

  • anak anda mempunyai temperature tubuh yang sangat tinggi

  • Anak anda mengalami dehidrasi, tanda dehidrasi yang mudah untuk diamati adalah anak tidak kencing dalam waktu lebih 8 jam,bibir terlihat kering dan pecah pecah, dan tidak ada air mata bila menangis.

  • Anak anda menjadi lemah dan mudah mengantuk dan sulit untuk dibangunkan.

    000ooo000
  • semoga bermanfaat artikel ini

3 komentar:

Anonim mengatakan...

saya mau memberitahukan ada peluang bisnis bagus, murah dan baru. penjelasan produk kunjumgi :

www.organikcenter.blogspot.com

Dondy Setyawan,drg. mengatakan...

hehehe makasih tawarannya bang

budhe mengatakan...

hwaaah Dok... anak sy baru tersentuh derita sariawan akut itu dan dengan kumur air garem lumayan sembuh tp trus meradang lagi ..apa salep solcoseryl itu ada di smua apotik...makasih ya Dok... artikelnya sangat informatif.. pastinya bermanfaat banget.